Cara Memadukan Warna dalam Desain Grafis

Cara Memadukan Warna dalam Desain Grafis

Ketika ingin mendesain tentu Anda harus tahu bagaimana cara memadukan warna dalam desain grafis agar terlihat menarik. Anda perlu mengkombinasikan warna yang cocok dan tidak asal memakai warna.

Warna merupakan poin vital untuk seorang desainer ketika mendesain terutama dalam paduan warna. Mempelajari teori warna bisa meningkatkan kreasi seorang desainer ketika dipadukan. Setidaknya Anda harus tahu macam-macam warna dan jenis warnanya.

Secara mendasar warna terdiri dari 1jenis warna dan setiap warna memiliki arti tertentu. Jika Anda penasaran berikut adalah jenis warna secara umum.

Nama Warna dengan Artinya

-Putih menggambarkan kesucian

-Hitam melambangkan kejahatan

-Merah melambangkan pemberani

-Kuning melambangkan keceriaan

-Biru melambangkan pikiran jernih

-Hijau pertanda tenang dan damai

-Coklat artinya hangat dan nyaman

-Ungu pertanda kesetiaan

-Abu-abu bermakna tanggung jawab

-Orange pertanda sosialisasi baik

-Ping pertanda lembut dan feminin

Dari warna secara umum diatas sebenarnya berada dalam empat macam warna yang kami berikan untuk anda bisa memadukan warna desain grafis sebagai berikut.

Macam-Macam Warna

Terdapat beberapa macam warna yang umum dan harus anda ketahui. Berikut adalah macam-macam warna yang harus seorang desainer ketahui :

-Pertama warna primer merupakan warna yang mendasar dan belum tercampur dengan jenis warna lain seperti merah kuning dan biru atau RGB (Red, Green dan Blue).

-Warna sekunder merupakan warna kedua dari campuran dua warna antara merah, kuning dan biru.

-Warna tersier yaitu campuran antara warna primer dengan warna sekunder seperti coklat, pink dan lain-lain sebagainya.

-Terakhir warna netral yaitu warna yang terdiri dari warna hitam dan warna putih.

-Hanya dengan empat macam warna saja Anda bisa membuat ratusan bahkan ribuan warna yang bisa anda manfaatkan untuk memadukan warna dalam desain grafis.

Jika anda menggunakan komputer terdapat beberapa skema warna yang bisa anda temukan untuk mendesain grafis. Dari setiap warna akan lebih mudah kita pahami dengan beberapa jenis dan macam warna terutama dalam hal memadukan warna ketika ingin desain grafis.

Jenis Warna dalam Pengelompokan

RGB

RGB atau singkatan dari Red Green Blue, yang akan sangat cocok jika semua warna tampil di monitor komputer, web, smartphone dan lain sebagainya.

CMYK

CMYK atau singkatan dari Cyan Magenta Yello dan Black yang mana ini sangat cocok untuk berhubungan dengan percetakan. Biasanya ketika menggunakan pengelompokan warna cm jika sedikit lebih buram dibandingkan dengan RGB. Banyak yang menggunakan warna dari CMYK untuk mendesain grafis di Corel Draw dan Potoshop.

LAB

LAB atau kependekan dari L artinya Lightness, A artinya Sumbu Hijau – Merah serta B artinya Sumbu kuning – biru dan hal ini sangat cocok untuk media digital dan percetakan.

HSL

HSL yaitu kependekan dari Hue Saturation Lightness yang mana ini akan memudahkan dalam mengatur tingkat kecerahan dan kegelapan gambar.

HEX

Jenis pengelompokan warna HEX atau hexadecimal yang mana mengikuti warna RRGGBB seperti penjelasan RGB di atas. Karena ini sangat cocok untuk desain website.

Dari semua jenis warna dengan pengelompokan diatas Anda bisa menemukan melalui aplikasi dan situs website populer yang akan kami berikan berikut. Contoh warna hexadecimal untuk hitam adalah #000000 dan biru yaitu #0000FF.

Aplikasi untuk Memadukan Warna Desain Grafis

-Adobe Colour CC

Canva

-Corel Draw

-Potoshop

-PicsArt

-Dan lain sebagainya

Jika anda ingin memadukan warna agar terlihat sesuai atau serasi ketika ingin desain grafis seperti untuk branding, logo, seni digital, desain web akan kami berikan juga.

Kombinasi Perpaduan Warna dalam Desain Grafis

Sebenarnya banyak jenis warna yang bisa anda kombinasikan, hanya saja akan sulit bagi kita yang tidak menguasainya. Berikut adalah contoh kombinasi Perpaduan warna ketika ingin mendesain grafis dalam hexadecimal :

Pertama

-3A86FF

-e63946

-1d3557

-f1faee

-457b9d

Kedua

-ffbd00

-ff5400

-ff0054

-9e0059

-390099

Ketiga

-A9DEDA

-2FB5AC

-FAEE4B

-AE69B3

-F4A7FA

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai cara memadukan warna dalam desain grafis. Belajar dari awal memang susah karena banyak yang harus kita pelajari.