Apa itu Tipografi dalam Desain Grafis

Apa itu Tipografi dalam Desain Grafis

Apa itu Tipografi dalam Desain Grafis – Dalam membuat desain grafis, anda akan menyesuaikan teks dan gambar agar memberi kesan yang menarik. Saat membuat tulisan atau teks, anda pasti akan menimbang-nimbang apakah jenis font yang anda gunakan sesuai dengan desain tersebut.

Ada banyak jenis font yang bisa anda pilih untuk mempercantik desain grafis. Nah, sebenarnya itu termasuk pada tipografi. Apa itu typografi? Kenapa berhubungan dengan huruf pada desain grafis? Kemudian apa elemen dan fungsi typografi?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut penjelasan mengenai typografi. Yuk kita simak bersama-sama.

Apa itu Tipografi dalam Desain Grafis

Tipografi berasal dari bahasa Yunani yaitu Typos dan Graphein. Typos berarti bentuk dan graphein berarti menulis. Nah, sedangkan Typografi adalah ilmu untuk menyesuaikan, menata, memilih, dan mengatur huruf sehingga mampu menyampaikan kesan atau tujuan pembuatan desain agar bersifat readability.

     BACA JUGA : Font Keren Untuk Desain

Secara sederhana, typografi adalah penyesuaian huruf, entah itu jenis font ukuran dan pengaturan huruf lainnya. Hal ini berguna agar gabungan huruf ini memberikan kesan tertentu pada para pembaca.

Sebuah desain grafis diciptakan agar mampu menyampaikan makna kepada pembaca dalam bentuk gambar dan tulisan. Tulisan adalah aspek penting yang harus anda sesuaikan dan atur pada desain grafis.

Sebab, melalui tulisan orang-orang dapat menangkap maksud dan tujuan dari desain grafis. Penggunaan jenis huruf dan ukurannya, akan menciptakan kesan tertentu pada benak para pembbaca. Kesan inilah yang akan membantu pembaca untuk memahami desain grafis tersebut.

Typografi sangat penting untuk menciptakan desain grafis yang readable. Artinya, desain grafis tersebut dapat mudah untuk dibaca. Kemudahan ini akan menyalurkan tujuan dan maksud pembuatan desain grafis. Contohnya untuk promosi.

Elemen Penting

Ada dua elemen penting dalam typografi. Elemen penting ini adalah elemen huruf teks dan huruf judul. Huruf teks biasanya menggunakan typografi yang mudah untuk dibaca. Ukurannya tidak terlalu besar, karena biasanya hanya untuk penambahan.

Sedangkan huruf judul, menggunakan typografi yang lebih menarik lagi. Jenis font yang desainer gunakan akan lebih bergaya atau mengungkapkan tujuan desain grafis. Ukuran hurufnya lebih besar dan biasanya lebih tebal. Hal ini bertujuan agar judul tersebut mampu mencuri perhatian pembaca.

     BACA JUGA : Belajar Desain Grafis Pemula, Mudah Untuk Dipahami

Fungsi Tipografi

Setelah anda mengatahui apa itu tipografi. Selanjutnya, mungkin anda bertanya apa fungsi dari typografi. Fungsi typografi yang paling utama adalah untuk memudahkan pembaca dalam membaca desain grafis.

Karena jika desain grafis hanya terdiri atas gambar saja, kemungkinan untuk memahami tujuan pembuatan desain grafis kurang tersampaikan. Oleh karena itu, pembuatan teks yang sesuai dengan typografi diharapkan mampu menyampaikan makna dan tujuan tersebut.

Dalam bahasa populernya, typografi mengharuskan sebuah karya desain grafis readable atau readability yaitu mudah dibaca.

Lebih dari itu, typografi berguna untuk unsur esetetika. Penulisan huruf dengan aturan tertentu seperti jenis huruf dan ukuran. Akan memberikan keindahan yang lebih daripada sebuah teks yang sembarang atau biasa saja.

Dalam desain grafis, estetika adalah hal yang perlu anda perhatikan. Karena desain tersebut harus mampu menyampaikan pesan atau makna melalui gambar dan teks.

Fungsi lainnya, Typografi untuk membangun kesan tertentu pada sebuah desain grafis. Typografi dominan dengan jenis huruf dengan khas dan bentuk tertentu. Setiap jenis huruf atau font akan mempunyai kesan tertentu. Misalnya font times new roman yang mempunyai kesan resmi.

     BACA JUGA : Sejarah Desain Grafis Yang Perlu Kita Ketahui