Karya Seni Atau Desain Grafis

Karya Seni Atau Desain Grafis Beserta Keterampilan Didalamnya

Karya Seni Atau Desain Grafis Beserta Keterampilan Didalamnya

Karya Seni Atau Desain Grafis – pada zaman yang serba canggih seperti sekarang, hampir keseluruhan aktivitasnya akan menggunakan perangkat elektronik.

Salah satunya dalam pembuatan karya seni yang kini suka anda sebut sebagai desain grafis. Karya seni sendiri dapat anda bedakan menjadi 2 jenis, yakni seni menggunakan peralatan manual dan menggunakan peralatan elektronik seperti pada desain grafis.

Desain grafis sendiri menghasilkan berbagai macam kreasi bernilai seni dengan bantuan perangkat lunak. Untuk mengetahui lebih jauh tentang karya seni atau desain grafis, mari simak pembahasannya berikut ini.

Mengenal Desain Grafis

Desain grafis merupakan pengolahan gambar visual yang terdiri dari tipografi, videografi, fotografi, ilustrasi, simbol, audio visual ataupun efek visual.

Dalam pembuatan suatu karya desain grafis, anda membutuhkan kreatifitas dan kemahiran dalam mengoperasikan perangkat lunak. Desainer grafis sendiri memiliki skill pada masing-masing sub bidang desain grafis.

yang mana desain grafis terbagi menjadi beberapa jenis jobdesk dengan pengoperasian yang berbeda-beda.

Mulai dari webdesigner, art , fotografer, layouter, editor, drafter, animator, visualisator dan lain-lain.

Keterampilan Dalam Desain Grafis

Beberapa jobdesk diatas mengenai desain grafis terkait dengan beberapa jenis keterampilan yang dikuasai oleh masing-masing desainer grafis.

Keterampilan tersebut berupa pengolahan gambar, pengolahan gaya huruf, penataan letak konten, pemilihan warna dan lain-lain. Untuk lebih jelasnya, simak poin-poin berikut ini.

  1. Seni visual

Seni visual menjadi keterampilan utama yang harus anda miliki sebagai seorang desainer .

Yakni berupa fotografi ataupun digital imaging. Pengolahan seni visual ini tidak lepas dari software desain grafis yang dapat menghasilkan karya seni visual berupa gambar 2D maupun 3D.

  1. Tipografi

adalah perancangan gaya huruf, spasi, modifikasi serta penataan huruf agar menarik untuk dilihat.

hal ini menjadi elemen penting yang harus diperhatikan dalam membuat desain grafis. Dimana tipografi berupa teks yang dicantumkan untuk memperjelas visual yang akan dibaca oleh orang yang melihatnya.

  1. Layout

merupakan penataan letak suatu elemen-elemen yang terkandung pada pembuatan desain. Layout sering desainer gunakan untuk penyusunan desain yang berisi konten teks seperti koran, majalah, buku, katalog dan lain-lain.

  1. Desain interaksi

Interaksi sering meraka sebut sebagai user interface yang akan berperan penting dalam pembuatan sistem aplikasi software. Desain interaksi ini berupa gambar visual, menu, tombol dan tampilan layout yang nantinya akan anda operasikan

  1. Pewarnaan desain

Yang namanya karya seni atau desain grafis pasti tidak lepas dari pemberian warna pada objek. Proses pewarnaan untuk memberikan kesan hidup pada tampilan visualnya.

Pewarnaan yang akan sesuaikan dengan tema yang akan kita buat, dan kita pilih warna yang tidak menimbulkan kesan membosankan.

Elemen Desain Grafis

Desain mengandung beberapa elemen penting, yang mana elemen tersebut juga ada pada karya seni lainnya. dengan adanya garis untuk memulai membuat gambar, bentuk dan ruang yang menjadi konsep desain, pewarnaan desain dan tipe atau tipografi huruf yang anda gunakan.

Selain itu juga ada tekstur dari gambar desain yang dibuat, keseimbangan, kontras desain, kontinuitas, repetisi desain serta kesatuan seni desain grafis yang dihasilkan.

Demikian pembahasan mengenai desain . Desain menjadi bagian dari karya seni digital yang banyak berkembang pada satu abad terakhir.

Hasil desain grafis ini dapat anda nikmati oleh setiap orang yang dapat terlihat pada lingkungan sekitar seperti pada tepi jalan, televisi, gadget, ataupun benda-benda dalam rumah. Demikianlah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan seputar Karya Seni Atau Desain Grafis yang bisa di  pelajari terutama bagi kalian yang baru saja ingin memulainnya dibidang tersebut