Mengatasi Laptop Cepat Panas

Mengatasi Laptop Cepat Panas Yang Aman

Kondisi laptop yang cepat panas biasanya akan menyebabkan performa laptop menurun. Bahkan, berdasarkan beberapa kasus, laptop yang mengalami overhead atau terlalu panas bisa menyebabkan laptop sampai kepada tahap error. Tentu, bagi Anda yang setiap hari harus bekerja di depan laptop tidak menginginkan hal ini terjadi. Namun, tetap saja, risiko laptop cepat panas ini bisa menghampiri laptop siapapun, termasuk laptop Anda. Lantas, bagaimana cara mengatasi laptop cepat panas?

Pasti Anda bertanya-tanya bagaimana caranya. Ia kan? Hal ini demi baiknya performa laptop Anda, yang pasti secara langsung akan berdampak baik bagi tingkat produktivitas Anda.

Penyebab laptop cepat panas

Sebelum ¬†membahas cara mengatasi laptop cepat panas, ada baiknya jika Anda tahu terlebih dahulu penyebabnya. Hal ini agar Anda bisa menentukan solusi yang tepat bagi permasalahan ‘laptop cepat panas’ ini. Secara umum, terdapat beberapa penyebab laptop panas. Pertama adalah faktor usia, kedua faktor lokasi penggunaannya, dan terakhir faktor karena ruang berdebu sehingga membuat ventilasi pendinginnya tidak bekerja dengan baik.

Cara mengatasi laptop cepat panas

Berikut adalah beberapa cara mengatasi laptop cepat panas yang bisa Anda coba.

Mengistirahatkan laptop sejenak

Tentu, cara paling utama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengistirahatkan laptop Anda sejenak. Terutama bagi Anda yang sering melakukan aktivitas online secara terus menerus, misal main game dan streaming. Anda bisa mencoba memberikan laptop Anda waktu untuk beristirahat selama beberapa jam. Jangan paksakan ia untuk bekerja secara paksa.  Selain itu, Anda bisa melakukan pengisian data ketika laptopnya tenga tidak Anda gunakan. Karena ketika Anda putuskan untuk melakukan pengisisan saat sedang digunakan, pasti akan membuat suhunya meningkat.

Membersihkan kipas angin

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi laptop yang cepat panas adalah dengan membersihkan kipas angin ataupun ventilasi laptop. Hal ini agar laptop bersih dari debu. Paling tidak, berishkanlah debunya sebanyak 2 sampai 4 kali setahun. Untuk cara satu ini akan sangat rawan jika Anda lakukan sendiri. Sehingga, akan lebih aman jika Anda meminta bantuan tukang service laptop. Hal ini demi menghindari adanya kerusakan. Karena untuk membersihkan bagian kipas dan ventilasinya memang harus membongkar laptop secara keseluruhan.

Menggunakan bantalan pendingin ataupun kipas eksternal

Selanjutnya, Anda bisa mengatasi kondisi laptop cepat panas ini dengan menggunakan kipas luar atau kipas eksternal. Kipas eksternal ini sangat efektif dalam membantu penurunan suhu laptop. Terutama ketika kipas internal laptop Anda tengah tidak bisa menjalankan fungsinya secara maksimal. Dengan bantuan kipas eksternal, tentu akan sangat mengurangi adnaya risiko overheading.

Gunakan laptop di tempat berventilasi

Ketika menggunakan laptop, maka Anda dituntut untuk pandai-pandai dalam memilih lokais menggunakannya. Karena jika Anda abai dan suka sembarangan, tentu akan membuat laptop cepat panas. Usahakan untuk menjauhkan laptop dari tempat-tempat yang terpapar sinar matahari secara langsung. Selain itu, Anda juga meski menjauhkan diri dari penggunaan laptop di atas kasur atau bantal.

Mencabut kabel

Ketika panasnya sudah ‘sangat berlebihan’, maka berhentilah menggunakannya, lalu cabut kabel laptop Anda. Kalau bisa, matikan laptop secara keseluruhan. Hal ini agar suhunya bisa normal kembali.

Demikian beberapa cara yang dapat Anda tempuh. Ketika laptop Anda benar-benar overheating dan cepat panas, cobalah untuk tenang. Dan ikuti beberapa cara di atas dengan baik. Karena biasanya, rasa khawatir Anda yang akan menjadikannya lebih rumit. Semoga bermanfaat.