Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis

Waspadai 4 Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis

Laptop adalah salah satu perangkat yang menggunakan baterai sebagai sumber daya utamanya. Baterai laptop bisa terus berkurang seiring dengan seringnya penggunaan laptop tersebut. Sama seperti komponen lain, baterai juga bisa rusak apabila pengguna laptop tidak merawatnya dengan baik. Baterai termasuk perangkat yang cukup ‘boros’ dan mudah rusak jika perawatannya salah. Ada berbagai faktor yang menjadi penyebab baterai laptop cepat habis.

Umumnya, umur komponen elektronik seperti laptop hanya bertahan sekitar 3 tahunan saja, setelah itu Anda perlu menggantinya dengan komponen baru. Meskipun masih bisa beroperasi, kondisi dan kualitas komponen tersebut akan mengalami penurunan. Berikut penyebab baterai laptop menjadi cepat habis yang perlu Anda waspadai.

  1. Menggunakan Laptop Saat Isi Daya

Sering menggunakan laptop saat pengisian daya masih berlangsung? Sebaiknya hindari kebiasaan ini. Sama halnya dengan barang elektronik lain, baterai laptop menjadi tidak tahan lama jika laptop terus beroperasi saat sedang pengisian daya.

Seharusnya, laptop dalam keadaan mati atau tidak sedang beroperasi saat pengisian daya berlangsung. Tidak hanya dapat merusak baterai, kebiasaan ini juga turut merusak komponen-komponen penting lain.

Baca Juga : Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

  1. Sering Menggunakan Laptop Hingga Drop

Penyebab baterai laptop cepat habis selanjutnya adalah sering menggunakan laptop hingga drop. Sebaiknya segera cas baterai saat sudah berada pada persentase 20% dan hentikan penggunaan laptop hingga pengisian daya selesai sepenuhnya.

Kebiasaan buruk menggunakan laptop hingga drop ini dapat merusak baterai dan komponen penting lain. Maka dari itu, selalu cek persentase baterai agar tidak kecolongan.

  1. Terlalu Membebani Laptop

Sering memaksakan kemampuan laptop? Sebaiknya hentikan kebiasaan buruk ini. Banyak orang yang ‘memaksa’ laptopnya untuk bekerja melebihi kemampuan aslinya. Padahal, laptop memiliki batas kemampuan yang akan membuat komponen laptop menjadi rusak apabila pengguna memaksakannya, termasuk baterai.

Laptop memiliki kategori kemampuannya masing-masing, ada yang diutamakan sebagai laptop gamer, laptop khusus programmer, hingga laptop handal yang multitasking. Jenis-jenis laptop diatas memang handal pada bidangnya dan jika beroperasi melebihi kapasitas, komponen penting seperti baterai yang akan rusak.

Sebuah laptop dengan spesifikasi standar tidak bisa beroperasi untuk menjalankan progam yang terlalu berat. Hal ini membuat seluruh komponen laptop harus bekerja lebih keras saat akan membuka progam-progam berat. Maka dari itu, sebaiknya pahami dan pilih laptop yang sesuai dengan kriteria Anda sebelum memutuskan untuk membeli laptop tersebut.

  1. Kualitas Baterai yang Buruk

Penyebab baterai laptop cepat habis ini tidak berasal dari kebiasaan buruk penggunanya melainkan dari faktor kualitas baterai itu sendiri. Beberapa laptop memang tidak memiliki kualitas baterai yang cukup mumpuni. Hal ini dapat membuatnya gampang rusak dan tidak bisa beroperasi dengan baik. Kualitas baterai bisa lebih menurun apabila pengguna memaksanya melakukan progam-progam berat yang melebihi batas kemampuan laptop tersebut.

Sebaiknya, pilih dengan benar laptop yang sesuai dengan kriteria dan kebutuhan Anda. Jangan tergiur dengan harga murah yang ditawarkan. Anda harus benar-benar mengenal spesifikasi dan kemampuan dari laptop ini.

Baca Juga : Mengatasi Laptop Cepat Panas Yang Aman

  1. Kesalahan dalam Merawat Laptop

Salah dalam merawat laptop juga turut menyebabkan baterai menjadi tidak awet dan mudah rusak. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah meletakkan laptop diatas kasur. Kasur terbuat dari bahan empuk yang membuat laptop menjadi mudah ‘tenggelam’.

Sistem pendingin laptop berada di bagian sampingnya, jika sistem pendingin tertutup, udara panas dalam laptop tidak akan keluar. Hal ini dapat berakibat fatal karena baterai dan komponen lain dapat mengalami overheat.

Demikianlah lima penyebab baterai laptop cepat habis yang perlu Anda hindari. Agar baterai laptop awet dan tahan lama, Anda harus bijak dalam menggunakannya. Selain itu, perhatikan pula spesifikasi dari laptop tersebut dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.