Cara Menghidupkan Laptop Yang Mati Total, Solusi Dan Biaya Servicenya

Cara Menghidupkan Laptop Yang Mati Total, Solusi Dan Biaya Servicenya-Bagi sebagian orang, laptop merupakan perlengkapan wajib yang meski diperhatikan. Terlebih lagi bagi para pelajar, mahasiswa. pekerja kantoran. Guru, dan lain sebagainya. Teknologi satu ini memang sangat membantu siapapun dalam menyelesaikan berbagai leperluan. Sayangnya, dengan segala kelebihan dan keunggulann, ya kita tidak dapat memungkiri bahwa laptop juga bisa saja mengalami masalah ataupun kendala. Dan salah satunya adalah mati total. Apakah Anda pernah mengalaminya? Jika pernah, bagaimana cara menghidupkan laptop yang mati total yang pernah Anda lakukan?

Rata-rata, ketika mengalami laptop mati total ini orang-orang pasti akan langsung membawanya ke counter. Apakah Anda juga demikian? Kalau iya, sayang sekali. Padahal sebenarnya ada cara menghidupkan laptop yang mati total yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Berikut penjelasannya.

Cara menghidupkan laptop yang mati total

Kondisi laptop yang mati total tentu akan menghambat banyak hal.  Sehingga akan lebih baik jika Anda segera memperbaikinya. Tapi perlu Anda tahu, bahwa cara memperbaiki laptop yang mati total biasanya akan disesuaikan dengan tanda-tandanya ataupun penyebabnya. Untuk mempermudah Anda memperbaikinya, perhatikan penjelasannya di bawah.

 

Memperhatikan baterainya

Cara pertama bisa Anda lakukan adalah dengan memperhatikan baterai laptopnya. Dalam hal ini, Anda bisa menekan tombol power. Lihat reaksi laptopnya. Apakah laptop Anda sama sekali tidak bisa merespon? Tidak ada tanda-tanda kehidupan sama sekali? Baik itu lampu indikatornya, suara kipas, atau bahkan suhunya yang sangat dingin. Untuk mengatasinya, Anda bisa melepaskan baterainya terlebih dahulu. Jika Anda mempunyai baterai cadangan, Anda bisa memasangnya ke laptop yang mati total tadi. Atau Anda juga bisa melepaskan baterainya saja.

Sehingga, tidak baterai yang terpasang pada laptop. Hal ini untuk memastikan dahulu apakah alat untuk mengisi baterainya berfungsi dengan baik atau tidak. Jika tidak bisa, maka Anda bisa memindahkan chargernya ke stop kontak yang lain. Biasanya, apabila permasalahan laptop mati totalnya terjadi karena alat pengisian dan baterai yang bermasalah, tentu dengan cara satu ini laptop Anda sudah kembali normal.

Power reset

Jika cara pertama gagal, Anda bisa mengatasinya dengan cara yang kedua, yaitu dengan power reset. Cara menghidupkan laptop yang mati total dengan power reset lumayan mudah. Caranya adalah dengan putuskan dulu laptop Anda dari segala sumber listrik. Yakni dengan melepaskan alat pengisian daya dan juga baterainya. Dengan kondisi yang kosong tersebut, Anda bisa menekan tombol power hingga kira-kira 30 detik agar listrik pada laptop tidak sungguhan habis. Lalu pasang lagi baterai dan alat pengisiannya, lalu nyalakan.

Baterai tanam

Di antara Anda, pasti ada yang menggunakan laptop dengan baterai tanam kan? Jadi, cara memperbaiki laptop yang mati total dengan tipe baterai tanam tentu berbeda dari laptop biasanya. Hal paling pertama yang meski Anda lakukan adalah mencari tombol restart-nya. Lalu balikkan laptop Anda. Lihat ada lubang kecil yang posisinya di tengah. Lubang tersebut adalah tempat merestart laptop yang mati total. Jika sudah, Anda bisa mencari jarum pentul ataupun benda lain yang bisa masuk ke dalamnya. Kermudian masukan alat tadi ke dalam lubang tersebut, dan tekan tombol kecil tersebut paling tidak 5 detik. Dan lakukan pengisian baterai, tunggu sampai beberapa menit, lalu coba hidupkan kembali.

Baca Juga  Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas dan Overheat

 

Solusi Laptop mati total

Salah satu permasalahan laptop yang sering terjadi adalah mati total. Dan bentuk kondisi ini cukup beragam. Misal, ada laptop mati total padahal lampu powernya masih hidup. Ada laptop mati total padahal lampu indikatornya masih berkedip. Ada Laptop mati total tapi lampu indikatornya berkedip-kedipm, bahka ada yang mati total dengan layar yang berwarna hitam.

Kondisi ini biasanya akan terjadi secara tiba-tiba. Di mana Ketika Anda mencoba menekan tombol power, tetap saja tidak akan berpengaruh apa pun. Jika sudah begini, tentu Anda membutuhkan solusi Laptop mati total.  Terlebih lagi ketika Anda benar-benar membutuhkan laptop saat itu. Karena deadline sedang menanti.

Sebelum membahas solusi Laptop mati total, Anda perlu tahu dahulu, bahwa kondisi laptop yang tiba-tiba mati total ini biasanya terbagi menjadi dua. Pertama adalah mati total yang tidak ada tanda-tanda kehidupan sama sekali. Seperti kipasnya yang tidak bersuara, lampu indikatornya mati, suhu laptopnya dingin. Sementara yang kedua adalah sebaliknya. Kedua lampu indikatornya menyala dan berkedip, Laptopnya hidup tapi layarnya nge-blank, suhunya aman seperti saat digunakan biasanya, bahkan terdapat suara kipas berhembus.

Karena terdapat dua kondisi, maka solusi Laptop mati total yang harus Anda lakukan juga sudah pasti berbeda, berikut caranya :

Melepaskan baterai

Sebelum Anda membawa laptop yang mati total ke counter, lebih baik jika Anda mengatasinya sendiri terlebih dahulu. Jadi, laptop bisa kita ibaratkan sebagai sebuah ponsel, yang ketika terdapat masalah maka cara paling ampuh untuk mengatasinya adalah dengan melepaskan baterainya.  Kemudian memasangnya kembali, dan dan menghidupkannya.

Hanya saja, cara memperbaiki laptop tidak akan sesederhana memperbaiki ponsel meskipun sama-sama berkaitan dengan baterai, sebab sudah ada laptop yang baterainya tanam. Dan untuk mengatasinya, Anda perlu tahu penyebab mengapa laptop Anda bisa tiba-tiba mati. Solusi Laptop mati total satu ini sangat pas apabila laptop Anda mati total dikarenakan sumber daya listriknya. Misal, baterainya yang rusak ataupun habis, chargernya yang error, dan lain sebagainya.

Maka, solusinya adalah dengan memastikan bahwa baterai dan juga charger laptop Anda sudah terpasang dengan sempurna.  Caranya mudah. Anda bisa mencoba menggunakan baterai lain, atau jika memang baterainya tidak ada Anda bisa melepaskan baterainya. Kemudian hidupkan saja laptop tersebut tanpa menggunakan baterai.

Hal ini guna mengetahui apakah chargernya masih bagus atau tidak. jika masih gagal maka kamu bisa memindahkan chargernya ke stop kontak yang lain.

Power reset

Solusi laptop mati total berikutnya adalah dengan power reset. Yang mana, cara ini bisa Anda tempuh jika cara pertama masih gagal. Caranya sederhana. Pertama, coba lepaskan charger dan juga baterainya dari laptop. Kemudian tekan tombol power selama 30 detik, pasang baterai dan charger nya kembali. Terakhi, nyalakan laptopnya.

Mencari tombol restart

Jika laptop Anda menggunakan baterai tanam, maka solusi yang bisa Anda coba adalah dengan membalikkan laptopnya terlebih dahulu. Kemudian cari lubang kecil yang ada di tengah. Lalu cari jarum pentul, dan masukan jarum tadi ke dalam lubang tadi. Tekan tombol yang ada di dalamnya selama paling tidak 5 detik. Kemudian charger kembali laptop Anda, dan tunggu hingga beberapa menit.  Lalu hidupkan kembali.

 

Biaya Service Laptop Mati Total

Ada banyak faktor yang melatar belakangi kerusakan pada laptop Anda hingga kondisinya benar-benar mati total. Sehingga, biaya perbaikannya pasti sangat beragam. Sesuai dengan kerusakan yang ada. Selain itu, tipe, dan merk laptop yang Anda gunakan juga akan ikut andil dalam penetapan harga servicenya. Jika laptop Anda merupakan tipe terbaru, sudah pasti akan dikenalan biaya yang lebih mahal. Hal ini karena sparepertnya yang juga mahal.

Baca Juga  Urutan Generasi Processor Intel Dari Terendah

Bukan hanya itu saja, laptop-laptop tiper terbaru mempunyai chip yang sudah pasti lebih kecil, sehingga akan menambah kesulitan para teknisi ketika memperbaikinya. Maka, harga servicenya akan tergantung dengan penyebabnya ya. Tapi satu hal yang dapat kita pastikan, bahwa biayanya ‘mahal’.

Adapun estimasi harganya bisa mulai dari angka Rp. 200.000 hingga Rp.  500.000 jika laptop Anda adalah tipe yang lama. Sementara bagi pengguna tipe baru, harganya mulai dari Rp. 300.000 hingga Rp. 650.000.

Biaya tersebut masih di luar penggantian processor atau VGA nya ya. Maka, jika ditambah dengan biaya ganti  salah satunya, maka biaya yang meski Anda keluarkan bisa sampai angka Rp. 600.000 hingg Rp. 1.500.000. Jadi, tergantung sama komponen yang rusak dan akan Anda ganti.

 

Faktor mengapa biaya nya mahal

Ketika akan mempercayakan laptop Anda ke tempat service, maka teknisinya akan melakukan pengecekan terlebih dahulu. Hal ini agar bisa mengetahui faktor kerusakan pada laptop Anda yang sudah mati total. Dan Anda perlu tahu, bahwa ternyata, pengecekan terhadap laptop membutuhkan waktu yang terbilang cukup lama. Jika kerusakannya sedikit, mungkin bisa sehari dua hari. Jadi, sangat wajar jika harganya cukup mahal. Selain itu, Anda juga meski tahu, bahwasanya tidak semua ‘laptop yang mati secara total’ bisa diperbaiki.

Terutama jika banyak sekali komponennya yang rusak. Bahkan, pengecekan terhadap laptop yang memang kerusakannya sudah terlampau para bisa memakan waktu hingga dua bulan. Dan jika dengan kerusakan tersebut akan mengakibatkan biaya servicenya ‘terlampau’ mahal, biasanya para teknisinya akan lebih memilih angkat tangan. Karena biasanya, biaya yang meski Anda keluarkan bisa saja dapat Anda pakai untuk membeli laptop baru.

Tapi tergantung Anda saja. Karena biasanya, masih banyak orang yang tetap kekeuh laptopnya dapat bagu lagi , dengan alasan yang klasik. Misal, karena laptop tersebut adalah laptop bersejarah. Sehingga ia rela menghabiskan dana yang sangat besar hanya agar bisa menggunakan laptop tersebut kembali.

Itulah beberapa hal terkait biaya service laptop mati total yang Anda perhatikan. Sebelum memutuskan untuk men-service laptop Anda, pastikan terlebih dahulu, bahwa tempat tersebut menyediakan garansi. Karena tempat service yang bertanggungjawab pasti atau bahkan harus memberikan garansi kepada semua konsumennya. Satu hingga tiga bulan.

Hal ini akan menjadi sebuah komitmen dan bentuk bahwa mereka melakukan perbaikan dengan baik dan benar. Dan apabila kerusakan yang sama terjadi, maka pihak service meski bertanggungjawab untuk men-servicenya kembali. Jadi, pastikan dulu ada garansinya ya. Sekian, semoga bermanfaat.

Demikian beberapa tips cara menghidupkan laptop yang mati total serta solusi dan biaya servicenya. Semoga dapat membantu kalian yang sedang mengalami hal yang sama dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *