Macam-Macam Garis dalam Desain Grafis

Macam-Macam Garis dalam Desain Grafis

Macam-Macam Garis dalam Desain Grafis – Dalam membuat karya desain grafis, anda akan menyatukan beragam bentuk agar menjadi kesatuan dalam satu frame. Entah itu dalam pembuatan logo, pamflet, poster, dan lain sebagainya.

Salah satu komponen dalam membuat desain grafis adalah garis. garis ini adalah sekumpulan titik yang nantinya akan membentuk sebuah gambar atau desain grafis. garis ini memiliki fungsi yang banyak dalam sebuah desain contohnya untuk membuat bentuk tertentu ataupun membagi ruang dengan warna yang berbeda.

Setiap garis akan memberi kesan dan makna yang berbeda dalam sebuah desain. Agar lebih jelas, anda perlu mengetahui macam-macam garis dalam desain grafis, yaitu sebagai berikut :

Macam-Macam Garis dalam Desain Grafis

1 Garis Horizontal dan Garis Vertikal

Macam-macam garis dalam desain grafis yang pertama adalah garis horizontal dan vertikal. Banyak orang yang masih bingung membedakan kedua garis ini. Padahal bentuk kedua garis ini sangat berlawanan.

Garis horizontal adalah garis lurus yang mendatar atau dari kanan ke kiri. garis ini mempunyai kesan yang lebar, kaku, kokoh, statis, diam dan relaksasi. Sedangkan garis vertikal adalah garis yang tegak lurus atau dati atas ke bawah. Garis ini memberikan kesan kekuatan, kemegahan, dan stabil.

     Baca Juga : Daftar Aplikasi Desain Grafis Online

2 Lengkung

Garis lengkung adalah garis yang berbentuk melengkung atau seperti curva. Garis ini biasanya memberikan makna kelenturan, halus, dan ketidakpastian. Contoh paling nyata untuk garis lengkung adalah pelangi.

3 Diagonal

Garis Diagonal merupakan garis yang berdiri secara miring. Garis ini sering kita sebut dengan garis miring. Pemaknaan untuk garis miring adalah dinamis atau dapat bergerak. Artinya, garis ini mampu membuat gerakan-gerakan tertentu. Contohnya pergerakan pada sebuah kurva.

4 Spiral

Macam-macam garis selanjutnya adalah garis spiral. Garis ini adalah garis melengkung yang teratur dan berkesinambungan. Bentuk dari garis spiral seperti obat nyamuk. Pemaknaan dari garis spiral adalah hipnotis, kelenturan, bergerak, atau kelahiran.

Jika anda melihat garis spiral, garis tersebut seolah-olah bergerak dan terus membentuk lengkung lingkaran yang berkesinambungan. Banyak orang juga mengira bahwa garis ini mampu menghipnotis seseorang. Itulah mengapa pemaknaan dari garis spiral adalah hipnotis dan bergerak.

     Baca Juga : 5 Jenis Aplikasi Desain Grafis di Komputer

5 Garis Zigzag

Garis zigzag merupakan garis miring yang saling bersatu ujung dengan ujungnya, baik ujung atas dengan ujung atas maupun ujung bawah-dengan ujung bawah. Garis zigzag terbentuk dari garis miring yang berlawanan arah sehingga mempertemukan setiap ujung garis.

Pemaknaan garis zigzag berupa semangat, hal intens, dan kegembiraan. Garis zigzag sering kita temukan pada gerigi.

6 Garis Artistik

Dalam desain grafis, mungkin anda akan mengenal tools preset, brush, sprayer, dan lain sebagainya untuk membentuk sebuah objek. Tools tersebut memberikan kesan seni yang sangat terasa. Itulah garis artistik. Garis Artistik terbentuk saat anda menciptakan garis-garis tertentu untuk desain grafis, dan garis tersebut memiliki nilai seni.

     Baca Juga : 6 Aplikasi Desain Grafis di HP Android Terbaik

7 Dashdot, Dot, Dash

Garis Dashdot, dot dan dash merupakan macam-macam garis yang bersifat putus-putus. Garis Dot merupakan garis yang terdiri dari titik titik yang memanjang serta teratur. Dash merupakan garis memanjang yang putus-putus. SEdangkan garis Dashdot adalah garis dengan perpaduan Dash dan Dot.

Perpaduan kedua garis tersebut terus memanjang dan menghasilkan pola yang teratur. Entah itu titik titik terlebih dahulu kemudian garis memanjang. Maupun garis memenajng terlebih dahulu kemudian titik titik yang terputus.