Pengertian Asuransi dan Risiko

Pengertian Asuransi dan Risiko Serta Jenisnya

Pengertian Asuransi dan Risiko Serta Jenisnya

Pengertian Asuransi dan Risiko serta Jenisnya – Seiring dengan pengembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, semakin beragam pula layanan untuk memudahkan kehidupan manusia. Salah satu kategori layanan tersebut adalah perusahaan asuransi sebagai lembaga keuangan non bank.

Perusahaan asuransi bergerak pada bidang penanggulangan atau pemberi proteksi dari beberapa kejadian yang merugikan. Nah, untuk lebih jelasnya simak pengertian asuransi dan risiko serta jenisnya berikut ini.

Pengertian Risiko

Risiko atau risk (dalam bahasa inggris) adalah suatu ketidakpastian yang ada akibat konsekuensi dari sebuah proses yang seseorang ambil. Pengertian Risiko bernilai negatif dalam arti lain bermakna buruk atau bisa jadi dampak dari bahaya. Sifat dari kemungkinan ini merugikan. Contoh dari risiko yaitu ketika seseorang memutuskan untuk memulai sebuah usaha maka risikonya adalah mengalami kegagalan.

Selain itu, contoh risiko adalah kecelakaan. Kecelakaan menjadi risiko pengguna kendaraan baik roda dua maupun roda 4.

Pengertian Asuransi

Setelah mengenal apa itu risiko, selanjutnya adalah asuransi. Asuransi adalah solusi dari permasalahan mengenai risiko. Risiko-risiko yang muncul tentunya membuat manusia menjadi takut.

Pengertian Asuransi adalah sebuah layanan keuangan non bank yang mana kita sebagai tertanggung wajib membayar sejumlah premi yang harus kita bayar pada suatu perusahaan penanggung sesuai dengan polis yang telah keduanya tentukan. Tertanggung disini adalah kita yang mendapat layanan perlindungan dari perusahaan asuransi. Sedangkan penanggung adalah perusahaan yang bergerak pada lembaga keuangan non bank yaitu asuransi yang memberikan layanan proteksi kepada kita.

Nah, kalau premi yaitu uang yang harus anda bayar setiap bulannya untuk mendapatkan perlindungan tersebut. Perlindungan itu banyak macamnya contohnya asuransi untuk kecelakaan.

Jenis Risiko

1 Pure Risiko (Murni)

Risiko ini merugikan namun tidak menguntungkan, artinya apabila suatu risiko benar-benar terjadi atau kenyataan maka akan mengakibatkan rugi. Namun, jika tidak terjadi tidak bisa anda sebut sebagai keuntungan.

2 Particular Risiko

Risiko jenis kedua memiliki pengertian bahwa risiko ini berasal dari individu dan yang terkena dampaknya adalah orang sekitarnya.

3 Fundamental Risiko

Pengertian risiko fundamental yaitu risiko yang berasal dari alam dan tidak dapat kita prediksi seperi bencana alam.

3 Spekulatif Risiko

Spekulasi Risiko adalah ketidakpastian yang akan menyebabkan profit atau loss. Rugi atau untung menjadi hasil dari peristiwa ini. Seperti pada orang yang sedang menanam saham, mereka bisa mengalami untung dan rugi.

Jenis Asuransi

Sesuai dengan judul artikel pengertian asuransi dan risiko serta jenisnya, berikut jenis-jenis asuransi.

1 Asuransi Jiwa

Pengertian Asuransi jenis ini memberikan manfaat secara finansial (keuangan) apabila seseorang yang memilih asuransi jenis ini meninggal dunia. Keluarganya bisa mengklaim sejumlah dana pada perusahaan asuransi.

2 Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan menjadi sasaran banyak orang tua demi masa depan anaknya. Biasanya seseorang bisa mendaftarkan anaknya untuk asuransi jenis ini, dengan menyertakan sampai pada jenjang mana si anak akan bersekolah. Dan ini juga menjadi patokan dalam pembayaran premi setiap bulannya.

3 Asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan memberikan layanan perawatan kesehatan. Proses klaim asuransi ini ketika tertanggung mengalami sakit atau kejadian yang membutuhkan pelayanan medis. Lalu perusahaan akan membayar seluruh biaya rumah sakitnya.

Nah, itulah artikel pengertian asuransi dan risiko serta jenisnya. Semoga teman-teman dapat memahaminya dengan baik ya. Tips untuk asuransi, pastikan dengan kebutuhan anda. Sekian dari artikel ini. Terimakasih.