Apa yang dimaksud dengan Premi asuransi

Apa Yang Di Maksud Dengan Premi Asuransi

Apa yang dimaksud dengan premi asuransi

Apa yang dimaksud dengan premi asuransi – Jika anda mulai tertarik dengan layanan dari perusahaan asuransi, maka anda akan dihadapkan dengan kegiatan keuangan. Kegiatan keuangan itu adalah proses pembayaran.

Nah, pembayaran kepada pemberi layanan asuransi ini bernama premi. Atau lebih jelasnya, premi adalah uang yang anda bayar kepada pemberi layanan asuransi sesuai dengan ketentuan polis. Saat kita membeli sebuah layanan pada pemberi asuransi, maka kita harus harus mengeluarkan sejumlah uang sebagai manifestasi asuransi yang anda sebut premi. Sederhananya, premi ialah rupiah yang kita setorkan kepada perusahaan asuransi untuk mendapat klaim sesuai produk yang kita pilih. Untuk memperjelas apa yang dimaksud dengan premi asuransi? Mari kita baca ulasan berikut.

Premi pada Asuransi Kesehatan

Untuk menjawab apa yang dimaksud dengan premi asuransi, saya ambil contoh pada asuransi kesehatan. Layanan asuransi kesehatan berupa perawatan kesehatan apabila tertanggung mengalami sakit atau kecelakaan.

Pada pelaksanaannya, perusahaan asuransi kesehatan yang kita pilih nantinya memberikan klaim dalam bentuk pembebasan biaya perawatan rumahsakit atau keringanan biaya. Nah, untuk mendapat klaim ini anda harus membayar premi pada perusahaan asuransi. Jika pada saat anda sakit, sebelumnya anda sudah membayar premi maka biaya perawatan anda akan perusahaan kalkulasikan dengan sejumlah uang sesuai polis yang keduanya sepakati.

Jumlah premi yang wajib kita bayar tiap bulannya bergantung pada jenis atau produk layanan asuransi yang kita pilih. Untuk besaran dari jumlah premi, biasanya melalui beberapa kriteria. Misalnya, orang yang memiliki penyakit akan membayar premi lebih banyak. Begitu pula dengan orang yang merokok dan orang yang obesitas, mereka akan mendapat harga premi yang cukup tinggi. Sebab risiko yang nantinya perusahaan tanggung lebih besar. Akibatnya perusahaan asuransi kesehatan memberi harga yang cukup tinggi. Tapi, jangan khawatir kita masih tetap bisa memilih produk mana yang akan kita gunakan.

Premi Asuransi Jiwa

Selain contoh pada asuransi kesehatan, untuk menjawab apa yang dimaksud dengan premi asuransi, saya contohkan pada asuransi jiwa. Asuransi jiwa ialah asuransi yang dapat anda klaim apabila orang yang anda daftarkan pada asuransi jiwa meninggal dunia. Asuransi ini termasuk asuransi favorit banyak nasabah. Pasalnya banyak nasabah mendaftarkan keluarganya agar mendapat klaim asuransi jiwa.

Apabila anda mendaftarkan diri pada layanan asuransi ini, maka premi dapat anda bayar sendiri. Namun, klaim dari asuransi ini tidak dapat anda rasakan karena klaim hanya tersedia setelah anda meninggal. Artinya yang dapat menikmati klaim finansial ini adalah keluarga anda. Lain halnya apabila anda mendaftarkan keluarga anda atau orang lain. Jika tertanggung yang terdaftar tersebut meninggal dunia, klaim dapat anda rasakan. Perlu anda ingat juga, kalau yang membayar premi adalah anda sebagai orang yang mendaftarkan.

Cara pembayaran premi

Sekarang anda telah memahami apa itu premi, lalu bagaimana pembayarannya? Bayar premi bergantung pada perusahaan yang mengeluarkan produk asuransi. Kali ini saya ambil contoh dari layanan asuransi allianz. Karena sekarang zaman sudah modern, bertransaksi menjadi lebih mudah. Pada allianz, proses pembayaran premi bisa anda lakukan melalui Bukalapak, Tokopedia, Gopay, eAzy Payment, Kantor Pos, Indomaret, ATM, dan pembayaran langsung. Atau anda juga bisa menggunan virtual account. Jika anda malas keluar rumah anda gunakan saja online payment.

Demikian mengenai apa itu premi, semoga kamu paham dengan apa yang saya tulis. Terima kasih.