Pelajaran Desain Grafis Bagi Pemula

Pelajaran Desain Grafis Bagi Pemula Yang Banyak Di Abaikan

Apakah Anda tertarik dengan dunia desain grafis, dan memiliki ketertarikan untuk mempelajarinya lebih dalam? Jika ia, maka ada baiknya jika Anda mengetahui pelajaran desain grafis apa saja yang kiranya akan Anda temukan nantinya.

Penasaran apa saja pelajarannya? Yuk simak penjelasan berikut.

Pelajaran Desain Grafis

Secara umum, terdapat 9 pelajaran desain grafis yang akan Anda pelajari.

Fotografi

Fotografi adalah salah satu bagian dari pembelajaran desain grafis loh. Karena ketika melakukan desain, Anda membutuhkan foto. Di mana, foto-foto tersebut merupakan hasil dari belajar fotografi.

Dalam pembelajaran ini, Anda akan mendapatkan berbagai materi tentang teknis fotografi dengan cara praktek langsung.

Anda juga akan latihan dengan mengaplikasikan teknik-teknik fotografi, komposisi, montage, hingga pencahayaannya. Keren kan? Yang nantinya, hasil gambar tersebut dapat Anda masukkan ke dalam unsur desainnya.

BACA JUGA : Kelas Desain Grafis Online Terbaik

Design Fundamental

Apakah Anda pernah mendengar design fundamentals? Harusnya pernah ya. Nah, design fundamental ini merupakan dasar-dasar dalam melakukan desain.

Yang di dalamnya ada pembahasan seputar unsur-unsur desain grafis, kemudian elemen, hingga prinsip. Pengetahuan seputar design fundamentals ini adalah modal awal Anda untuk melakukan desain.

Sehingga sangat penting untuk Anda kuasai. Dalam mempelajari prinsip-prinsip desain grafis, Anda akan menemukan beberapa hal penting. Seperti keseimbangan, kesatuan, irama, penekanan, proporsi, keseimbangan, dan lain sebagainya.

Adapun tujuan mempelajari design fundamentals ini adalah agar nantinya, Anda bisa merancang desain dengan kualitas yang baik, menarik perhatian, dan mampu memvisualisasikan ide dengan sempurna.

Creative Drawing

Pelajaran desain grafis yang selanjutnya adalah creative drawing. Sesuai dengan namanya ya, pembelajaran ini akan melatih Anda untuk berpikir kreatif dan mampu menggambarkannya.

Dalam dunia desain grafis, Anda tidak bisa melepaskan diri dari  menggambar ya. Sehingga, dengan adanya pelajaran desain grafis satu ini, Anda akan lebih luwes menggambarnya, tidak asal-asalan atau sekedar menggambar saja.

Gambar yang Anda hasilkan diharapkan bisa sebagus mungkin, maksimal, dan sudah pasti menarik perhatian. Dalam pembelajaran creative drawing ini, ada berbagai materi lain yang Anda peroleh. Yakni teknik, cara, hingga proses menggambarnya.

BACA JUGA : Prinsip-Prinsip Desain Grafis, Pemula Wajib Tahu

Art and Design History

Pembelajaran selanjutnya adalah art and design history. Art and design history adalah pelajaran yang cukup menarik ya. Karena materi-materinya adalah seputar teknik lengkap dengan prosesnya.

Selain itu, Anda juga akan belajar seperti apa dan bagaimana proses sejarah perkembangan seni ini dimulai.

Baik itu pra modern, hingga banyaknya inovasi teknologi yang luar biasa, kemudian ada juga materi tentang gerakan seni rupa lengkap dengan seniman-senimannya yang berpengaruh dalam perkembangan desain grafis.

Nah, jika Anda belajar desain di IDS nih, Anda akan mendapatkan bekal berupa sejarah lengkap, dan juga konteks seni rupa.

Tipografi

Pelajaran desain grafis yang selanjutnya adalah tipografi. Pelajaran satu ini terlihat sederhana sih.

Tapi sejatinya, ia tidak sesederhana yang ada dalam benak kita. Di mana, materinya meliputi keterampilan mengenali dan mengetahui jenis font dan gaya yang akan Anda gunakan baik dalam teks ataupun logo.

Selain itu, ada juga materi tentang pemahaman dasar mengenai bagaimana detail visual bisa dirasakan oleh para audiens, sejarah tipografi, macam-macam, kombinasi, dan lain sebagainya.

Selain pelajaran di atas, masih ada beberapa pelajaran desain grafis menarik lainnya yang akan Anda dapatkan loh. Seperti single page design, desktop publishing, communication and presentation, dan user interface design.

Yang mana, seluruh pelajaran desain grafis ini akan membuat Anda menjadi seorang desainer yang handal dan profesional.