Belajar Desain Grafis Pemula

Belajar Desain Grafis Pemula

Apakah Anda tertarik belajar desain grafis? Apabila ya, maka Anda tidak perlu bingung. Karena saat ini, belajar desain grafis pemula menjadi lebih mudah. Hal ini karena didukung dengan kemajuan teknologi yang luar biasa.

Di mana, Anda tidak meski mengikuti perkuliahan atau kursus untuk menjadi seorang desainer handal. Sudah banyak sekali situs yang bisa Anda gunakan. Mulai dari yang berbasis video maupun tulisan.

Nah kira-kira, jika tidak belajar desain dengan ahlinya atau kursus, apa saja yang meski Anda pahami dalam belajar desain grafis sendiri? Yuk simak penjelasan berikut.

Belajar desain grafis pemula

Dengan belajar desain otodidak atau belajar sendiri, ada beberapa keuntungan yang Anda peroleh. Seperti tidak perlu repot-repot membayar biaya kursus, tidak perlu mengeluarkan dana yang besar untuk membeli paketan, dan tidak perlu keluar rumah.

Hanya saja, tingkat kesulitan belajar desain grafis sendiri bagi pemula tentu cukup tinggi. Karena Anda hanya dapat bertanya ke internet. Selain itu, meski Anda pahami, bahwasanya, dalam belajar desain grafis, Anda meski sering berlatih dan tekun.

Berikut adalah beberapa hal yang meski Anda perhatikan ketika belajar desain grafis sendiri yang notabenenya adalah pemula.

BACA JUGA : Prinsip-Prinsip Desain Grafis, Pemula Wajib Tahu

Memahami design fundamentals

Belajar desain grafis pemula yang pertama adalah memahami design fundamentals. Apa itu design fundamentals? Sesuai dengan namanya, design fundamentals ini adalah pengetahuan dasar dalam melakukan desain grafis.

Pengetahuan dan pemahaman design fundamentals ini meski benar-benar Anda kuasai. Karena bagaimanapun, pemahaman tentang design fundamentals adalah modal awal, yang akan mempermudah Anda dalam membuat desain ke depannya.

Adapun dasar-dasar desain ini meliputi  warna, tipografi, dan simbol. Ketiganya adalah unsur yang paling penting dalam sebuah desain. Selain itu, akan lebih baik juga jika Anda mempelajari grid system.

Di mana, grid system ini merupakan pembagian garis ketika memakai software.  Dan jangan lupa juga untuk memahami dan menerapkan prinsip-prinsip desain grafis.

Jika design fundamentals ini Anda kuasai, maka Anda bisa menghasilkan sebuah mahakarya yang luar biasa.

BACA JUGA : Materi Desain Grafis Pemula

Menentukan gaya desain

Hal lain yang meski Anda perhatikan adalah menentukan gaya desain.  Hal ini karena memang, gaya desain akan sangat mempengaruhi desainer ketika membuat desain loh. nah, adapun gaya desain terdiri dari berbagai macam.

Mulai dari logo, ilustrasi, tipografi, dan lain sebagainya. Untuk saat ini, memang lumayan banyak orang yang menguasai dan dapat membuat semua gaya desain, namun lebih banyak lagi orang yang hanya bisa membuat satu gaya.

Dan gaya tersebut akan menjadi gaya desainnya sendiri,

Tips belajar desain grafis pemula

Nah, setelah mengetahui hal-hal yang mesti Anda pahami dan lakukan, sekarang kami akan berbagi satu tips belajar desain grafis pemula.

Tentu, sebagai pemula,  Anda membutuhkan berbagai macam tips yang akan membantu Anda dalam mendesain nantinya kan? Salah satu tips menarik adalah dengan mengumpulkan desain yang Anda anggap bagus.

BACA JUGA : Pelajaran Desain Grafis Bagi Pemula Yang Banyak Di Abaikan

Kumpulkan desain yang bagus dan menginspirasi

Sebagai pemula, tidak jarang Anda akan kehabisan ide dan tidak memiliki inspirasi dalam berkarya. Ia kan?

Maka, untuk mendapatkan ide-ide keren tersebut, Anda bisa mengumpulkan banyak karya terbaik versi Anda. Anda bisa menemukan karya-karya terbaik tersebut di berbagai platform. Baik itu pinterest atau yang lainnya.

Karena dengan mengumpulkan desain tersebut, Anda akan langsung merasa terinspirasi dan akan muncul berbagai macam ide cemerlang.