Macam Macam Desain Grafis

Macam Macam Desain Grafis Yang Wajib Kamu Tahu

Dunia pengolahan gambar secara digital sering sebut juga dengan nama desain grafis. Desain grafis sering temui pada sebaran promosi, bungkus produk, media digital atau lainnya. Desain grafis lakukan oleh spesialis olah gambar atau desainer grafis. Banyak sekali karya yang bisa hasilkan dari design yang mana terangkum pada Macam Macam Desain Grafis.

Macam Macam Desain Grafis

Desain grafis sering dimanfaatkan untuk membuat media promosi ataupun penjualan karya seni, baik berupa 2 dimensi, 3 mensi ataupun 4 dimensi. Namun perlu diketahui, karya designgrafis tidak hanya 1 macam saja, tetapi banyak jenisnya. Untuk mengetahuinya, mari simak pembahasan mengenai macam macam design grafis sebagai berikut ini.

  1. Identitas Visual

Desain identitas visual merupakan jenis desain grafis yang digunakan untuk menampilkan ciri khas suatu produk barang/jasa. Contohnya adalah pembuatan suatu merek dagang yang dibuat unik dan berbeda dari perusahaan lainnya. Tujuan pembuatan identitas visual ini agar pelanggan mudah mengenali suatu merek hanya dengan melihat tampilan visualnya saja.

  1. User Interface

Desain user interface atau tampilan antar muka merupakan jenis desain grafis yang sering orang gunakan pada tampilan perangkat yang mereka gunakan . Desain user interface (UI) dapat anda temukan pada suatu aplikasi software pada perangkat PC ataupun hp. Selain tampilan yang menarik, UI juga fokus pada interaksi pengguna yang didalamnya ada fungsi teknis berupa tombol, menu dan lain-lain.

  1. Marketing Dan Advertising

Macam Macam Desain Grafis selanjutnya ada pada design marketing dan advertising. Desain grafis pada jenis ini dapat anda gunakan sebagai bahan memasarkan serta mengiklankan suatu produk barang atau jasa. Karya grafis yang da[at anda hasilkan berupa konten visual yang mana pembuatannya harus unik untuk menarik pelanggan.

  1. Publikasi

Desain publikasi merupakan jenis desain grafis yang dapat anda gunakan untuk mempublikasikan suatu karya grafis yang berhubungan dengan komunikasi pada masyarakat luas. Desain publikasi yang dapat anda temui bisa berupa media cetak seperti majalah, koran, ataupun katalog. Dalam hal ini, desainer grafis perlu memperhatikan pengolahan gambar, layout, serta pilihan tipografi yang tepat.

  1. Motion Grafis

Desain motion grafis merupakan jenis desain grafis yang pembuatannya menghasilkan karya visual baik bergerak maupun tidak bergerak. Motion grafis sendiri terdiri dari gabungan tipografi, ilustrasi, fotografi, videografi dan tambahan motion untuk memberikan kesan nyata dan hidup. Contoh desain motion grafis seperti iklan, animasi kartun, video promosi, video game, GIF, situs web dan masih banyak lagi.

  1. Packaging

Desain packaging merupakan jenis desain grafis yang orang orang butuhkan untuk tampilan kemasan luar suatu produk. Desain packaging sangat penting, fungsinya tidak hanya untuk membungkus makanan, tetapi sekaligus sebagai media untuk mempromosikan produk tersebut. Pembuatan desain kemasan juga harus unik dan menarik, agar para konsumen tertarik untuk membelinya.

  1. Lingkungan

Desain lingkungan merupakan jenis desain grafis yang menrapkan pada suatu tempat atau lingkungan tertentu. Desain lingkungan ada yang berupa desain 2D, 3D ataupun 4D. Beberapa contoh penerapan desain lingkungan ,misalnya pameran museum, identitas visual pada kantor, interior toko retail dan sebagainya.

  1. Seni dan Ilustrasi

Desain seni dan ilustrasi merupakan jenis desain grafis yang desainer buat dengan memadukan elemen-elemen lainnya untuk menghasilkan karya baru. Contoh hasil desain seni dan ilustrasi berupa desain gambar pada kaos, kain tekstil, novel grafis dan sebagainya.

Itulah pembahasan mengenai Macam Macam Desain Grafis. Desain grafis terkenal sebagai aktivitas pembuatan karya seni digital yang kita butuhkan untuk segala bidang pekerjaan. Desain grafis sendiri bisa menghasilkan soft file ataupun dapat anda cetak menjadi hard file sesuai kebutuhan pembuatnya.