Software Desain Grafis Gratis

Software Desain Grafis Gratis Terbaik Saat Ini

Mengolah gambar dalam desain grafis pada umumnya menggunakan suatu aplikasi software yang jalankan pada perangkat PC maupun smartphone. Beberapa aplikasi desain grafis yang memiliki tools lengkap tidaklah gratis alias berbayar.  Misalnya Corel Draw ataupun Adobe Photoshop. Namun ada pula Software Desain Grafis Gratis Terbaik Saat Ini yang mudah temukan.

Software Desain Grafis Gratis Terbaik Saat Ini

Bagi pemula, ada baiknya untuk mencoba software desain grafis yang gratis untuk berlatih membuat desain gambar. Selain itu, pengguna bisa menemukan software tersebut dengan mudah, yakni dapat mendonwload melalui website resminya. Apa saja Software Desain Grafis Gratis Terbaik Saat Ini yang ada, mari simak pembahasannya sebagai berikut ini.

Canva

Canva merupakan software desain grafis yang dapat bermanfaat untuk membuat beragam jenis template grafis. Mulai dari poster, pamflet, undangan, brosur, banner dan masih banyak lagi. Canva sangat bagus pakai bagi desainer grafis pemula karena tampilannya user friendly atau mudah operasikan.

Canva dapat akses melalui aplikasi smartphone, mana pengguna harus mendownload aplikasinya pada Playstore maupun Appstore. Pengguna PC juga bisa menikmati software Canva gratis yakni dengan mengakses situsnya pada www.canva.com. Meskipun gratis, pengguna juga bisa membeli versi berbayarnya untuk menikmati lebih banyak template dari Canva.

Inkscape

Inkscape merupakan software aplikasi yang gunakan untuk mengolah gambar vector yang dapat operasikan secara gratis. Software sendiri dapat jalankan pada PC yang sistem operasinya berupa windows, linux, macOS ataupun FreeBSD. Tampilan Inkscape lebih sederhana jika bandingkan tampilan Adobe Ilustrator, dan file desain dapat simpan dalam format SVG, XML dan CSS.

Untuk menikmati software inkscape, pengguna bisa mendownload aplikasinya pada website resmi inkscape yakni pada http://inkscape.org/. Software ini hanya bisa jalankan di perangkat desktop serti computer ataupun laptop dan tidak tersedia untuk perangkat mobile.

GIMP

GIMP atau singkatan dari GNU Image Manipulation Program merupakan software desain grafis gratis yang berlisensi bawah GNU GPL v3+. Aplikasi ini dapat jalankan melalui perangkat desktop yang sistem operasinya berupa windows, linux, macOs, solaris, AmigaOS 4 dan BSD. Selain itu, pengguna juga bisa menikmati aplikasinya pada perangkat mobile yang tersedia pada playstore dengan nama XGimp Image Editor.

Tampilannya mirip seperti Adobe Photoshop, dan bisa digunakan untuk mendesain grafis apapun dan tersedia banyak format penyimpanan gambar. Pengguna bisa mengunduh software desktopnya melalui website resminya di www.gimp.org.

SVG-Edit

Software ini merupakan software desain grafis yang bermanfaat untuk mengolah gambar vector. SVG-edit luncurkan berupa situs web untuk mendesain grafis dengan dukungan bahasa pemrograman javascript. Browser yang dukung untuk pasang software SVG-edit ini antaranya Opera, Chrome, Firefox, Safari dan Microsoft Edge.

Untuk menikmati SVG-edit, pengguna bisa mengunjungi website resminya di www.github.com/SBG-Edit/svgedit. di dalamnya terdapat file yang dapat diunduh serta langkah-langkah instalasinya di beberapa browser pilihan.

Blender

Software merupakan software edit yang dapat gunakan untuk membuat karya seni digital secara gratis. Blender difokuskan sebagai software untuk pembuatan grafik bergerak atau 3 ukuran. Beberapa grafik yang hasilkan diantaranya animasi film, aplikasi 3 ukuran, video game ataupun efek visual.

Aplikasi ini tersedia untuk perangkat desktop bersistem operasi windows, linux, macOS, dan FreeBSD. Untuk menggunakannya, pengguna bisa mengunduh aplikasinya melalui website resminya www.blender.org.

Demikian pembahasan mengenai Software Desain Grafis Gratis Terbaik Saat Ini. Beberapa software desain grafis tersebut memiliki tools-tools yang mendukung untuk pembuatan karya grafik. Pengguna dapat menjalankan secara gratis, atau juga bisa membeli versi berbayarnya untuk menikmati fitur lebih dari software-software tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *