cara investasi emas yang benar

Cara Investasi Emas yang Benar untuk Pemula

Salah satu instrumen yang patut dipertimbangkan dalam berinvestasi adalah emas. Pemahaman mengenai cara investasi emas yang benar adalah hal penting agar Anda dapat memperoleh keuntungan yang diharapkan.

1.  Kenali Tujuan Anda dan Buatlah Perencanaan

Mengenali tujuan adalah hal yang paling penting dalam investasi emas. Jangan sampai Anda hanya sekadar membeli emas untuk disimpan lalu dijual suatu saat. Anda harus memiliki tujuan misalnya seperti untuk biaya pendidikan, pernikahan, atau lainnya.

2.  Pertimbangkan Kemampuan Finansial Anda

Memulai sebuah investasi tidaklah mudah. Anda harus memiliki dana lebih sebagai modal awal dan menerapkan cara investasi emas yang benar. Dengan memanfaatkan surplus yang Anda miliki setiap bulan, dapat dialokasikan untuk investasi sehingga dapat terus berkembang.

Yang perlu diperhatikan adalah untuk tidak memulai investasi dengan sebuah modal berupa hutang. Bahkan sebelum memulai investasi, Alangkah lebih baik untuk memiliki cadangan dana darurat untuk mengantisipasi pengeluaran tidak terduga.

Tentukan jumlah emas yang harus dibeli dan juga waktu pembeliannya sesuai dengan estimasi Anda. misalnya Anda harus membeli emas sebesar 5 gram Rp. 500.000 setiap bulannya dan jumlah uang yang harus dikeluarkan adalah 2,5 juta rupiah.

3.  Memilih Jenis Emas yang Tepat

Untuk memulai investasi emas, disarankan untuk memilih jenis logam mulia. Hal ini dikarenakan logam mulia akan lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan perhiasan emas.  Logam emas mulia dapat dijual dengan harga lebih tinggi dari perhiasan. Hal tersebut karena dipengaruhi oleh jumlah karat, biaya pembuatan, nilai seni, depresiasi, dan model.

4.  Membeli di Tempat yang Tepat

Pilih tempat yang terpercaya untuk membeli emas sehingga Anda mendapat kualitas terbaik dan tidak mengalami penipuan.  Berhati-hatilah saat ada pihak yang menawari Anda pembelian emas dengan proses cepat. Periksa rekam jejak tempat Anda membeli emas secara seksama.

5.  Ketahui Waktu yang Tepat UNTUK Berinvestasi

Rajinlah untuk memantau perkembangan harga emas di pasaran, agar cara investasi emas yang benar anda bisa berhasil dan akan lebih baik lagi jika Anda dapat mengidentifikasi trend pergerakan harga emas sehingga akan lebih mudah untuk mencari waktu terbaik ketika hendak menjual atau membeli emas dan mendapat keuntungan yang optimal.

6.  Menyimpan Emas Secara Aman

Emas yang sudah disimpan bertahun-tahun dapat hilang dengan mudah jika Anda ceroboh dalam menyimpannya. Tentunya akan lebih aman untuk menyimpan emas dalam SDB (Safe Deposit Box) atau bisa juga di brankas rumah.

Tempat penyimpanan SDB tersebut biasanya disediakan oleh pihak bank atau bisa juga Anda temui di Pegadaian. Anda juga dapat berinvestasi emas secara digital tanpa harus repot menyimpannya secara fisik.

Dengan mengetahui langkah-langkah yang tepat sebelum berinvestasi emas, Anda dapat melakukan investasi dengan lebih berhati-hati. Terapkan cara investasi emas yang benar untuk mendapat keuntungan yang optimal dan mewujudkan tujuan investasi Anda.