Tips Cara Investasi Emas Agar Tidak Rugi

Harga emas yang relatif stabil menjadikan emas sebagai komoditas yang cukup lama untuk berinvestasi. Produk investasi yang liquid ini juga bisa dijual sewaktu-waktu sehingga sangat banyak peminatnya. Sebelum terjun ke dunia investasi emas, Anda perlu mengetahui cara investasi emas agar tidak rugi.

Menghitung Jarak Pembelian dan Penjualan Emas

Emas termasuk dalam instrumen investasi jangka panjang. Oleh karena itu, setelah setahun membeli emas kemudian menjualnya, Anda mungkin tidak memperoleh keuntungan yang berarti. Hingga saat ini, nilai emas cenderung mengalami kenaikan.

Harga emas akan terus mengalami peningkatan kedepannya, berbeda dengan mata uang yang mengalami penurunan disebabkan beberapa faktor. Semakin lama Anda menyimpan emas, keuntungan yang didapat saat menjualnya pun akan semakin banyak. Setidaknya, jual emas setelah 3 tahun terhitung dari saat Anda membelinya.

Rutin Memonitor Harga Emas

Setelah membeli emas, langkah selanjutnya untuk menghindari kerugian dalam investasi emas adalah dengan rutin melakukan monitoring harga emas. Ada banyak cara untuk mengikuti perkembangan harga emas seperti melalui website resmi dari toko emas yang sudah terpercaya.

Anda juga bisa download aplikasi cek harga emas di smartphone Anda. Dari aplikasi tersebut Anda bisa mendapat info harga emas dan juga grafiknya sesuai dengan lokasi pemasok emas sebagai salah satu cara investasi emas agar tidak rugi.

Kadar Emas yang akan Dijual

Nilai karat emas sangat mempengaruhi harga emas. Oleh karena itu, sebelum menjual perhatikan kadar emas yang Anda miliki. Jangan sampai emas 24 karat yang Anda miliki justru terjual dengan harga 18 karat, Anda akan rugi besar.

Baca Juga  Keuntungan Dan Kelebihan Investasi Emas Antam

Menjual Emas lengkap dengan Surat Pembelian di Tempat Anda Membeli

Tempat di mana Anda membeli emas adalah tempat terbaik untuk menjualnya. Anda akan memperoleh penawaran harga yang jauh lebih menguntungkan di tempat tersebut daripada menjualnya di tempat lain. Jangan lupa untuk menjual ya lengkap dengan surat pembelian karena jika tidak harganya akan merosot dan Anda akan rugi.

Survei Harga di Beberapa Toko

Jika toko tempat Anda sebelumnya membeli emas dirasa masih terlalu jauh, maka Anda bisa mencoba menjual di toko lainnya. Anda bisa melakukan survei untuk mengetahui informasi lebih lanjut dari masing-masing toko.

Bandingkan setiap harga yang ditawarkan oleh setiap toko dan pilihlah tawaran tertinggi. Agar bisa mendapat keuntungan maksimal. Jangan ragu juga untuk menanyakan kepada rekan-rekan Anda yang sudah berpengalaman dalam hal investasi emas.

Investasi emas tidak hanya tentang membeli dan menjual emas namun juga bagaimana Anda mengetahui hal-hal yang dapat merugikan saat investasi. Dengan mengetahui cara investasi emas agar tidak rugi, Anda bisa mulai berinvestasi dan mendapat keuntungan yang optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *