Cara Memperbaiki Laptop Acer Mati Total

Cara Memperbaiki Laptop Acer Mati Total

Kondisi laptop yang mati sudah pasti akan menghambat berbagai pekerjaan. Bahkan, tak jarang harus menyulut emosi, sebab sudah dikejar deadline. Terlebih lagi bagi penggun Acer.  Tapi tenang saja, karena kondisi laptop Acer yang mati total masih tetap memungkinkan untuk kamu perbaiki. Jadi, jangan terburu-buru untuk menghempasnya, apalagi langsung membeli yang baru. Bahkan, cara memperbaiki laptop Acer mati total yang bisa Anda lakukan terbilang lumayan sederhana. Maka, jangan langsung membawanya ke counter ya.

Cara memberbaiki laptop Acer mati total

Secara umum, kondisi laptop Acer yang mati total dikarenakan terdapat masalah pada daya dan juga baterainya.  Maka, apa yang harus Anda lakukan? Yuk simak caranya berikut.

Melakukan pengecekan baterai

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan pengecekan terhadap baterainya terlebih dahulu. Caranya adalah dengan menghubungkan perangkat laptop Anda ke adaptor listrik. Karena bisa saja laptop Anda kehabisan baterai ketika Anda gunakan. Jika ternyata setelah Anda colokkan ke adaptor listrinya, tapi tetap tidak berubah, maka diamkan sejenak, karena jika baterainya sudah habis total pasti membutuhkan waktu melakukan pengisian sampai ia mempunyak daya untuk menjalankan program pada laptop Anda. Lantas, jika sudah beberapa saat tapi tidak juga hidup bagaimana? Maka Anda bisa melepaskan baterainya terlebih dahulu, kemucian colokan saja laptop Anda ke adaptor listrik. Apabila saat baterainya tidak ada laptop Anda bisa hidup, itu artinya, kesalahan adapada baterainya. Maka, Anda bisa membawanya ke tempat service.

Membersihkan Processor

Cara memperbaiki laptop Acer mati total berikutnya adalah dengan membersihkan processor. Jadi, laptop tak ubahnya manusia. Ia juga mempunyai ‘otak’ yang sangat berguna. Maka, bagi sebuah laptop, processor merupakan otaknya. Alias inti dari segalanya. Ketika processor laptop Aser Anda rusak, sudah barang tentu akan membuatnya mati total. Cara mengatasinya bagaimana? Anda bisa membersihkan debu-debu yang ada pada processornya, lengkap dengan heatsinknya. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah, jangan lupa pula untuk mengecek pembuatan angin pada laptop Anda.

Membuka Processor

Selain membersihkan processor, Anda juga bisa membuka processor laptop Anda. Jika iso termalnya telah kelihatan tidak lagi layak untuk digunakan, alias sudah kelihatan rusak, maka Anda bisa membersihkan pasta yang hinggap, kemudian ganti dengan menggunakna yang baru.  Kemudian, pasang kembali dengan teliti, baik, dan benar. Jangan lupa untuk ekstra hati-hati. Apabila tetap gagal, maka ada baiknya jika Anda membawa laptop Anda ke counter untuk mengganti processornya dengan yang baru.

Melepaskan semua komponen

Cara memperbaiki laptop Aser mati total berikutnya adalah dengan melepaskan semua komponen laptop. Hal ini jika maindboard laptop Anda sedang bermasalah. Caranya adalah dengan melepaskan semua komponen-komponen yang ada, mulai dari hardisk, wifi card, DVD, memberishkan debu yang telah menempel, dan lain sebagainya. Pastikan laptop sudah aman dari debu. Apabila sudah Anda lepaskan semua, coba hidupkan kembali. Apabila tetap sama saja, alias tidak bisa hidup juga, maka Anda bisa membawanya ke tempat service terpercaya agar bisa mendapatkan penanganan yang terbaik. Atau bahkan menggantinya dengan laptop yang baru.

Dari beberapa penjelasan terkait cara memperbaiki laptop Acer mati total di atas, dapat kita lihat, bahwa ada banyak penyebab laptop Anda mati total. Bisa saja karena baterainya, processor, charger, mainboard, dan lain sebagainya. Sekian beberapa cara memperbaiki laptop Acer mati total yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat.