Komputer Tiba Tiba Mati Sendiri

Komputer Tiba Tiba Mati Sendiri, Kenali Penyebabnya

Pernahkah Anda menemukan kasus komputer tiba tiba mati sendiri? Atau bahkan Anda mengalaminya sendiri? Saya rasa pernah ya. Karena kasus ini memang lumayan sering dialami oleh banyak orang. Jika kita perhatikan, terdapat beberapa masalah yang mengakibatkan sebuah komputer mati secara tiba-tiba.

Di mana, masalah-masalah tersebut akhirnya akan membuat pekerjaan Anda pasti terganggu. Ia kan? Terutama jika kasus ini terjadi sampai beberapa kali. Tentu, ketika sudah terjadi berkali-kali, Anda pasti akan bertanya-tanya, sebenarnya apa yang terjadi pada komputer Anda. Tidak dapat kita pungkiri, bahwa situasi satu ini akan sangat merugikan Anda. Karena banyak pekerjaan yang harus tertunda penyelesaiannya. Dan yang paling menyebalkan adalah ketika hasil kerja kamu belum sempat tersimpan tapi laptopnya sudah mati.

Penyebab komputer tiba-tiba mati sendiri ini pasti berkaitan dengan dua faktor, pertama adalah faktor internal, dan yang kedua faktor eksternal. Atau, memang karena komputernya sendiri.

Penyebab komputer tiba tiba mati sendiri

Bagi Anda yang penasaran, berikut adalah beberapa penyebab mengapa komputer Anda bisa mati secara tiba-tiba.

Kepanasan atau Overheat

Penyebab yang paling umum adalah karena komputer Anda sudah overheat, alias terlalu panas. Hal ini karena memang, processornya dirancang agar dapat mati secara otomatis ketika komputer Anda mengalami panas yang berlebihan. Sementara penyebab dari overhead ini juga beragam. Seperti adanya penumpukan debu, temal pastenya rusak, hingga beban komputer yang sangat berat.

Debu yang menumpuk

Penyebab komputer tiba tiba mati sendiri yang berikutnya dikarenakan adanya penumpukan debu. Awalnya, penumpukan debu ini memang akan membuat komputer Anda cepat panas dan overhead. Namun jika hal ini terjadi terus menerus, maka ia akan berujung pada ‘komputer mati sendiri’ kemudian hidup kembali. Adanya penumpukan debu ini tentu akan mengakibatkan aliran udara menjadi terhambat. Sehingga proses pergantian udaranya akan menjadi sulit. Sehingga, Anda memang perlu membersihkannya dari debu. Hanya saja, untuk membersihkan debu pada komputer Anda tentu harus dilakukan oleh oranng professional demi keamanan komputer Anda. Tidak ada salahnya untuk mempercayakan komputer Anda ke tangan yang ahli.

Listrik yang Tidak Stabil

Penyebab komputer Anda mati secara tiba-tiba berikutnya adalah aliran listrik yang tidak stabil. Tahukah Anda, bahwa ternyata, tegangan atau aliran listrik yang tidak stabil juga sangat berpengaruh terhadap komputer Anda. Salah satunya adalah akan membuatnya bisa mati sendiri. Hal ini karena daya yang telah masuk ke perangkat komputer juga tidak stabil. Bahkan, ketika komputer tidak mendapatkan daya yang tidak mencukupi, sudah pasti aka nada komponen yang tidak dapat berjalan secara sempurna. Sehingga akan menyebabkannya komputer mati secara tiba-tiba. Ketika kondisi ini terjadi dalam waktu yang lama, tentu akan berpengaruh buruk terhadap komputer Anda. Akan ada kerusakan pada komponennya. Sehingga, cobalah untuk menggunakan stabilizer saja agar permasalahan listrik yang tidak stabil ini tidak memberikan dampak buruk bagi komputer.

Komponen Komputer Bermasalah

Adapun penyebab dari terjadinya kasus ‘komputer yang mati secara tiba-tiba’ berikutnya adalah adanya komponen yang bermasalah. Seperti power supply, hardisk, VGA, RAM, dan lain sebagainya.

Selain beberapa penyebab di atas, jika komputer tiba tiba mati sendiri juga masih ada beberapa penyebab yang menjadikan perangkat Anda mati secara tiba-tiba. Jadi, ketika kondisi komputer yang mati tiba-tiba ini mengalami Anda, ada baiknya jika Anda memperhatikan baik-baik, kira-kira apa penyebab komputer tiba-tiba mati pada komputer Anda. Lalu mencoba mencari tahu solusi yang tepat untuknya. Jika permasalahannya karena debu, maka kami sarankan Anda untuk membersihkannya di counter. Paling tidak, Anda bisa membersihkannya 2 hingga 6 kali setahun. Demikian penyebab komputer tiba-tiba mati, semoga bermanfaat.