Sejarah Desain Grafis Indonesia dari Tahun ke Tahun

Sejarah Desain Grafis Indonesia dari Tahun ke Tahun (lengkap!)

Sejarah desain grafis Indonesia.- Saat ini desain grafis mengalami perkembangan yang sangat pesat. Mulai dari style desain yang terbaru hingga teori teori desain yang selalu terbarui.

Dulu awalnya desain grafis tidak ada, lebih mencakup ke ilmu desain yang termasuk kedalam ilmu seni. Namun seiring berkembangnya zaman, muncullah berbagai macam teknologi sehingga teknologi tersebut mampu membuat sebuah desain visual.

Akhirnya muncullah istilah desain grafis. Saat ini desain grafis hampir ada pada semua benda yang ada disekitar kita. Mulai dari peralatan rumah tangga, pakaian, bangunan, dan benda-benda lainnya.

Semua itu melalui tahap desain grafis terlebih dahulu. Namun, desain tidak hanya untuk kebutuhan printing atau cetak, kebutuhan digitalpun juga banyak, mulai dari logo, banner promosi digital, poster, illustrasi dan lain sebagainya.

      BACA JUGA : 5 Contoh Desain Grafis Yang Dibutuhkan Pasar (Terbaru!)

Dari situ bisa kita ambil kesimpulan bahwa kita hidup tidak bisa lepas dari yang namanya desain, dan pada akhirnya desain akan berkembang terus menerus.

Namun apakah Anda mengetahui sejarah desain grafis pertama kali masuk ke Indonesia? Jika belum, yuk simak sejarahnya berikut ini.

Sejarah Desain Grafis Indonesia

Awal mula desain grafis masuk ke Indonesia ketika mesin cetak dibawa oleh belanda pada tahun 1659 yang berawal dari industri percetakan. Kala itu, mesin ini berfungsi untuk menerbitkan surat kabar dan juga kitab suci.

Setelah adanya mesin cetak ini, Indonesia mulai mengenal dunia percetakan. Lalu tumbuhlah iklan pada masa Hindia Belanda 1744 yang menjadi pelopor yakni Jan Pieterzoen Coen. PPPI(Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia) mengakuinya sebagai tokoh perikalanan pertama yang ada pada Indonesia.

Kemudian pada Abad ke 18-20 industri percetakan semakin berkembang dan pada akhirnya muncullah perancang desain. Tidak tau pastinya kapan, namun saat itu perancan desain sudah semakin banyak dan industri percetakan membutuhkan.

Pada tahun 1919 tercatat 120 perusahaan percetakan memperkerjakan kurang lebih 3080 orang yang sebagai menjadi pekerja desain grafis. Namun semua pekerja itu bukan dari Indonesia.

      BACA JUGA : Cara Memadukan Warna dalam Desain Grafis

Saat itu sudah mulai membuat berbagai macam desain, seperti surat kabar, buku, poster, dan produk cetak lainnya.

Pada tahun 1893 pemerintah Hindia Belanda mulai mendirikan percetakan negara di Jakarta, waktu itu merupakan percetakan terbesar se Asia. Mulai saat itulah Indonesia mulai menyadari akan pentingnya desain grafis.

Kemudian seiring berkembangnya zaman, pada tahun 1938 berdirilah sebuah organisasi yang bernama PERSAGI (Persatuan Ahli Gambar Indonesia) dengan anggota kurang lebih 30 puluh pelukis.

Serikat inilah yang menyebarluaskan seni rupa modern Indonesia. Para pelukis PERSAGI berusaha membangun gaya Indonesia baru yang memadukan antara nilai estetika tradisi dan nilai estetika modern.

Hingga saat ini, desain grafis terus berkembang dari tahun ke tahun. Pada akhirnya banyak sekali komunitas, organisasi, serikat, tokoh, seniman yang pada waktu itu sangat berpengaruh dalam berkembangnya sejarah desain grafis Indonesia.

Kesimpulan

Itulah perjalanan sejarah desain grafis pertama kali masuk ke Indonesia. Yang dimulai melalui industri percetakan sehingga seiring berkembangnya zaman timbullah desain grafis.

Dari sejarah ini kitab isa belajar banyak hal, terutama belajar mengenai sejarah desain grafis. Awal mula yang dulu tidak banyak peminatnya dan kebutuhan pasar sedikit, kini hampir semua penjuru ruangan Anda pasti ada campur tangan desain grafis.

Tidak hanya itu, bisa kita pastikan kedepannya desain grafis akan mengalami perubahan terus-menerus setiap tahunnya. Oleh karena itulah jika Anda seorang desainer, pastikan Anda selalu update berita atau style-style desain terbaru.

Dengan begitu Anda tidak akan ketinggalan zaman, dan desain yang Anda buat akan terus mengikuti perkembangan zaman.

Mungkin itu saja pembahasan artikel pada kali ini semoga apa yang kami sampaikan mengenai sejarah desain grafis Indonesia bermanfaat buat Anda. Terima kasih.

      BACA JUGA : Belajar Desain Grafis Pemula