Materi dasar desain grafis

Materi Dasar Desain Grafis yang Wajib Dipahami Pemula

Materi Dasar Desain Grafis – Sejauh ini, skill desain grafis memiliki peminat yang cukup tinggi. Saya yakin banyak dari teman-teman yang ingin mempelajari skill desain grafis tanpa menempuh pendidikan formal dengan biaya mahal. Oleh karena itu, pada artikel ini saya ingin memberikan informasi kepada kamu terkait materi dasar desain grafis yang sangat wajib kamu ketahui. Simak berikut detail pembahasannya!

Pengertian Desain Grafis

Pertama-tama, kita akan memasuki bab tentang desain grafis. Mari kita pecah istilah desain grafis dan kita artikan satu persatu. Pengertian “Desain” menurut Atisah Sipahelut (1991) adalah suatu bentuk rumusan dan suatu proses dari sebuah pemikiran. Rumusan atau proses pemikiran yang dituangkan dalam wujud gambar tersebut merupakan suatu pengalihan gagasan kongkrit pada isi pemikiran yang bertujuan untuk mengalihkan suatu gagasan dalam wujud berupa gambar.

Selanjutnya adalah pengertian “Grafis”. Istilah grafis sendiri ternyata berasal dari bahasa inggris, yakni “graphic”. Menurut KBBI, grafis dapat kita artikan sebagai wujud titik-titik, garis-garis, atau bidang-bidang yang secara visual dapat menjelaskan hubungan yang ingin disajikan secara terbaik tentang penyajian hasil penghitungan.

Sehingg dapat kita simpulkan jika istilah “desain grafis” memiliki makna terkait seni dalam berkomunikasi menggunakan sebuah tulisan, ruang, dan gambar. Bagian ini merupakan bagian utama dari komunikasi visual. Selain itu, ilmu desain grafis juga mencakup seni visual, tipografi, tata letak, dan desain interaksi.

Unsur Desain Grafis

Sama halnya ketika kamu sedang memasak menu sesuatu, saya yakin pasti ada komposisi alat dan bahan, serta langkah-langkah pembuatan yang khusus dalam menghasilkan hidangan yang lezat. Analogi tersebut hampir selaras dengan desain grafis. Dalam desain grafis juga terdapat unsur-unsur yang harus kamu pahami, hal ini bertujuan agar dapat menghasilkan komposisi desain yang estetik, harmonis, komunikatif dan menyenangkan untuk kenyamanan audiens. Unsur-unsur yang saya maksud antara lain adalah garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap terang, tekstur, dan ruang.

Keterampilan Desain Grafis

Dalam dunia desain, keterampilan memiliki peran yang vital dan memiliki pengaruh yang besar terhadap sebuah desain. Keterampilan seorang desainer grafis meliputi seni visual, tipografi, tata letak, desain interaksi, sampai dengan peralatan desain grafis.

Dalam desain grafis, peralatan utama yang sering digunakan tidak lain dan tidak bukan adalah sebuah pikiran, ide, atau gagasan. Desain grafis tidak hanya sebatas mendesain dengan alat bantu komputer, akan tetapi seorang desainer grafis juga membutuhkan kreatifitas yang tinggi.

Rata-rata seorang desainer grafis juga memerlukan sketsa untuk mengeksplorasi lebih jauh terkait ide-ide yang kompleks dalam waktu singkat. Kemudian seorang desainer grafis juga bebas dalam memilih alat untuk menyelesaikan proyek desainnya, baik dengan komputer atau dengan tangan.

Rekomendasi Software Desain Grafis

Ketika kamu ingin menjadi seorang desainer grafis, kamu tidak hanya mengandalkan kreativitas saja, tetapi kamu juga memerlukan alat bantu berupa software dalam mengaplikasikan kreativitasmu dalam bentuk desain. Ada beberapa pilihansoftware yang sangat saya sarankan bagi kamu yang ingin belajar desain grafis, antara lain sebagai berikut!

  • Adobe Photoshop
  • Adobe Illustrator
  • AutoCad
  • Coreldraw
  • Paint Tool SAI
  • Inkspace
  • Blender
  • Maya
  • Light Wave
  • Softimage

Mungkin hanya sampai sini saja pembahasan materi desain grafis pada artikel ini. Sebenarnya ada beberapa hal penting lainnya yang perlu kamu perhatikan ketika menjadi seorang desainer grafis. Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke teman kamu yang berminat dalam desain grafis. Sekian dari saya dan terima kasih.