Cara Menjadi Desain Grafis Tanpa Kuliah (Desainer)

Cara Menjadi Desain Grafis Tanpa Kuliah (Desainer)

Cara Menjadi Desain Grafis Tanpa Kuliah (Desainer) – Menjadi seorang pekerja yang bergelut pada dunia desain memerlukan skill editing yang handal.

Anda perlu menempuh pendidikan yang menguras waktu dan biaya. Namun, jika anda berminat menjadi seorang desainer grafis tanpa kuliah.

Berikut adalah cara menjadi desain grafis (desainer grafis) tanpa kuliah. Yuk kita simak ulasannya.

Cara Menjadi Desain Grafis Tanpa Kuliah (Desainer)

Siapa sih yang tidank mau menjadi seorang desainer grafis yang handal? Apalagi anda sudah tahu berapa gaji yang mampu dihasilkan oleh seorang desainer grafis. Profesi ini memang sangat menggiurkan.

Nah, berikut adalah 8 cara menjadi desainer grafis yang jago banget desain grafis.

     BACA JUGA : Cara Memadukan Warna dalam Desain Grafis

1 Mempelajari Gambar dan Tulisan

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mempelajri gambar serta tulisan. Rasakan apa yang tertuang pada gambar dan tulisan tersebut.

Sebab, seorang desainer grafis harus mampu berkomunikasi melalui karya desain grafisnya. Anda harus amampu menuangkan ide dan pesan yang tersampaikan pada pembaca.

2 Desain Apa yang Cocok untuk Anda?

Selanjutnya, anda dapat memilih desain grafis jenis apa yang cocok untuk anda. Setelah mempelajari rasa pada gambar dan tulisan.

Anda pasti akan menemukan jawaban dari pertanyaan desain apa yang cocok untuk anda? Desain yang cocok untuk anda akan dengan mudah diselesaikan serta menjadi favorit anda.

Jenis desain banyak sekali, ada logo, banner, pamflet, dan sebagainya.

3 Mengenal Software Desain Grafis

Yang paling penting dalam dunia grafis adalah software yang akan menunjang proses pembuatan desain grafis. Nah, software mana sih yang bagusuntuk membuat desain grafis.

Banyak sekali pilihan software desain grafis yang bagus. Ada dari Adobe, Corel, dan sebagainya. Kenali software tersebut, lalu pilihlah software yang menurut anda mudah dalam penggunaannya.

     BACA JUGA : Biaya Kursus Desain Grafis Online

4 Mempelajari Teknik dan Tools Editing

Cara menjadi seorang desain grafis yang paling lama adalah proses mempelajari teknik dan tools editing. Selain dari ide, pada tahap selanjutnya adalah proses pembuatan karya melalui software khusus.

Anda dapat mengulik tools software secara langsung pada aplikasinya. Maupun menggunakan buku atau video learning. Namun, lebih baik anda langsung melakukan praktek agar lebih paham.

5 Mengikuti Kursus

JIka anda merasa belajar otodidak cukup melelahkan. Anda dapat mengikuti kursus desain grafis untuk mengasah skill dan mendapatkan sertifikat resmi.

Dengan sertifikat resmi akan memudahkan anda untuk mewujudkan cita-cita sebagai desainer grafis yang handal. Nah, untuk kursus sendiri sekarang sudah banyak kursus yang dilakuakan secara online tanpa keluar dari rumah.

6 Mengikuti Perlombaan Desain Grafis

Untuk mengasah kemampuan desain grafis dan membantu membangun portofolio. Anda dapat mengikuti lomba desain grafis.

Kini banyak sekali lomba desain grafis yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga tertentu. Selain mengasah kemampuan anda juga berkesempatan menjadi pemenang loh.

7 Bangun Portofolio

Berikutnya pada cara menjadi desainer grafis yang ahli desain. Anda harus membangun portofolio. Tidak akan ada yang percaya jika anda handal dalam urusan desain grafis tanpa adanya bukti.

Jadi, publikasikan hasil desain anda pada publik. Agar mereka tahu bahwa anda mempunyai skill tersebut. hal ini juga akan memudahkan anda untuk mendatangkan client.

8 Jual Jasa Anda!

Terakhir, jual jasa desain grafis anda pada orang-orang. Jangan ragu untuk membuat price list yang layak. Sebab, tidak semua orang memiliki kemapuan ini.

     BACA JUGA : Sejarah Desain Grafis Indonesia dari Tahun ke Tahun (lengkap!)