penyebab harga emas naik

Penyebab Harga Emas Naik Turun Yang Wajib Kamu Ketahui

Salah satu investasi yang digemari dikalangan masyarakat adalah investasi emas. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan investasi emas dibandingkan dengan investasi dalam bentuk obligasi atau saham. Namun sebelum memulai investasi emas, sangat penting untuk Anda mengetahui penyebab harga emas naik.

Kebijakan Moneter

Kebijakan yang diambil the Fed (bank sentral Amerika Serikat) sangat mempengaruhi harga emas. Kebijakan tersebut adalah kebijakan menurunkan atau menaikkan suku bunga. Harga emas berpotensi naik saat The Fed menurunkan suku bunga.

Permintaan dan Penawaran

Saat penawaran lebih kecil dari permintaan, harga emas akan naik dan sebaliknya. Ketersediaan emas sangat terbatas di dunia yaitu berasal dari daur ulang dan pertambangan. Menurut Thomson Reuters GFMS total jumlah emas di dunia mencapai 171.300 ton sedangkan menurut James Turk jumlahnya mencapai 155.244 ton.

Kondisi Global yang Tidak Menentu

Situasi politik, ekonomi, resesi, dan krisis termasuk penyebab harga emas naik. Berita kenaikan emas yang terjadi belakangan ini bahkan disebabkan oleh situasi perang dagang China dan Amerika Serikat. Investor global beramai-ramai memilih investasi asset aman termasuk didalamnya adalah emas.

Hal tersebut adalah salah satu faktor dan penyebab harga emas naik. Tapi saat situasi kembali pulih, maka harga emas akan cenderung turun. Mungkin Anda bertanya mengapa emas menjadi pilihan investasi saat kondisi global tengah tidak menentu.

Alasan pertama adalah karena harga emas tidak terpengaruh oleh deflasi atau inflasi. Kedua, meskipun terjadi perang atau krisis ekonomi, nilai emas akan tetap terjaga. Ketiga, ketersediaan emas yang terbatas membuat permintaan akan emas tidak akan berkurang. Saat terjadi krisis, permintaan emas akan semakin meningkat.

Nilai Tukar Dolar AS

Harga emas internasional mempengaruhi harga emas dalam negeri yaitu konversi dolar AS ke rupiah. Harga emas lokal akan semakin menguat ketika nilai tukar dolar AS terhadap rupiah melemah dan sebaliknya.

Industri dan Perhiasan

Emas tidak hanya digunakan untuk investasi, tapi juga sebagai industri dan perhiasan. Bahkan lebih dari 50% permintaan emas adalah untuk perhiasan yaitu dari India, China, Amerika Serikat, dan beberapa Negara lain.

Di India, emas masih dijadikan sebagai sebuah hadiah penting, kekayaan, dan juga mata uang. Selain sebagai perhiasan, sebanyak 12% permintaan emas adalah untuk industri seperti untuk perangkat media, perangkat komputer, elektronik, dan lainnya.

Harga emas terus bergerak secara dinamis dan bahkan secara umum selalu mengalami kenaikan. Naiknya harga emas sudah menjadi seperti sebuah kepastian dan penurunan harganya tidaklah seberapa.  Dengan mengetahui penyebab harga emas naik, Anda bisa lebih berhati-hati dalam mengatur strategi investasi emas untuk mendapat keuntungan yang optimal.