Materi Desain Grafis Lengkap Yang Wajib Anda Tahu

Materi Desain Grafis Lengkap Yang Wajib Anda Tahu

Belajar seputar materi desain grafis lengkap Anda perlu tahu banyak hal. Terutama mempelajari kategori desain grafis, hal yang harus diketahui sebagai desainer dan aplikasi apa saja yang bisa anda manfaatkan sebagai desainer.

Materi Desain Grafis Lengkap

Desain grafis merupakan sebuah perpaduan antara gambar satu dengan yang lainnya untuk menyampaikan informasi seefektif mungkin. Menggunakan teks juga termasuk kategori gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol yang bisa dibunyikan.

Pengertian dari desain grafis adalah bentuk seni lukis atau gambar terapan yang memberikan kebebasan untuk memilih, menciptakan atau mengatur elemen foto, tulisan dan grafis lainnya. Hal ini bertujuan untuk memproduksi dan menyampaikan informasi sebuah pesan dari gambar yang telah ter desain.

Biasanya gambar atau hasil desain grafis umumnya orang gunakan untuk dunia periklanan, perfilman, packaging dan lain sebagainya.

Jika anda sudah paham materi atau pengertian desain grafis Anda juga perlu dipahami kategori desain grafis lengkap.

Kategori Desain Grafis

Secara umum desain grafis terbagi setidaknya menjadi 5 macam yaitu antara lain :

-Percetakan seperti buku, pamflet, periklanan, poster, majalah dan lain sebagainya.

-Web design seperti membuat template blog dan WordPress serta website lainnya.

-Dunia perfilm-an termasuk CD, DVD CD multimedia untuk promosi.

-Pembuatan logo maupun design yang mencakup seperti arsitek industri dan arsitek taman.

-Mendesain produk ataupun sejenisnya.

-Ketika anda ingin belajar materi desain grafis lengkap setidaknya anda mengetahui beberapa jenis dalam bahasa yang designer pakai.

Hal yang Harus Anda Ketahui Sebagai Desainer

Setelah mengetahui materi desain grafis secara singkat maka proses selanjutnya adalah belajar menguasai materi desain grafis dengan lengkap.

Berikut adalah pembahasan apa saja yang harus desainer dikuasai :

Nirmana

Nirmala merupakan ilmu mendasar pakai seorang desain grafis terkait elemen prinsip-prinsip desain grafis. Elemen tersebut adalah salah satunya tentang garis, bentuk, ruang tekstur warna dan lain-lain sebagainya.

Dengan begitu akan ada banyak sekali jenis dan macam elemen yang harus anda kuasai sebelum benar-benar terjun ke lapangan untuk mendesain grafis.

Tipografi

Penguasaan selanjutnya yaitu dengan tipografi artinya ketika memilih serta menata huruf pada ruangan yang tersedia harus menciptakan kesan tertentu. Tujuannya agar bisa membantu pembaca untuk kenyamanan membaca serta menganalisis semaksimal mungkin.

Pewarnaan

Memilih serta mengkombinasikan kan warna dalam materi desain grafis sangat penting untuk pencitraan hasil karya yang kita buat. Hal ini dikarenakan memberikan estetika yang menarik.

Materi warna juga termasuk dalam ilmu nirmana namun kategori pewarnaan ini juga sangat penting sehingga kami membedakan kategori pewarnaan dengan nirmana. Anda perlu tahu cara memadukan dari warna RGB dan CNYK.

Software

Software dalam desain grafis sangat mendukung dari apa yang bisa anda hasilkan. Semakin lengkap fitur dan semakin Anda bisa mengelola untuk mendesain grafis maka semakin bagus hasil yang anda buat.

Secara global software untuk desain grafis terbagi menjadi dua software pengelola yaitu dua dimensi dan tiga dimensi. Dua dimensi biasanya untuk periklanan, poster, logo, CD dan lain sebagainya. Sedangkan tiga dimensi biasanya digunakan untuk perancangan perusahaan dan pembangunan. Contohnya Corel Draw dan Potoshop.

Sketch

Sketsa atau mudah nya untuk kita pahami adalah menggambar dengan tangan. Mendesain grafis tidak harus menggunakan tools yang tersedia melainkan bisa menggambar dengan tangan karena memiliki estetika tersendiri.

Keahlian Lain

Materi desain grafis yang terakhir adalah Anda harus belajar banyak hal dan selalu tetap belajar. Seiring berjalannya waktu akan selalu ada pembaruan fitur dan fungsi setiap menu software desain grafis.

Setidaknya Anda bisa menguasai pengetahuan tentang pilar keilmuan yang harus anda kuasai sebagai seorang desainer grafis. Berikut adalah lima pilar untuk seorang desainer grafis :

-Wawasan Teknologi

-Wawasan Sains

-Pengetahuan tentang Seni

-Wawasan Sosial dan Budaya

-Wawasan Filsafat dan Etika