Cara menghidupkan laptop yang mati total

Cara Menghidupkan Laptop Yang Mati Total

Bagi sebagian orang, laptop merupakan perlengkapan wajib yang meski diperhatikan. Terlebih lagi bagi para pelajar, mahasiswa. pekerja kantoran. Guru, dan lain sebagainya. Teknologi satu ini memang sangat membantu siapapun dalam menyelesaikan berbagai leperluan. Sayangnya, dengan segala kelebihan dan keunggulann, ya kita tidak dapat memungkiri bahwa laptop juga bisa saja mengalami masalah ataupun kendala. Dan salah satunya adalah mati total. Apakah Anda pernah mengalaminya? Jika pernah, bagaimana cara menghidupkan laptop yang mati total yang pernah Anda lakukan?

Rata-rata, ketika mengalami laptop mati total ini orang-orang pasti akan langsung membawanya ke counter. Apakah Anda juga demikian? Kalau iya, sayang sekali. Padahal sebenarnya ada cara menghidupkan laptop yang mati total yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Berikut penjelasannya.

Cara menghidupkan laptop yang mati total

Kondisi laptop yang mati total tentu akan menghambat banyak hal.  Sehingga akan lebih baik jika Anda segera memperbaikinya. Tapi perlu Anda tahu, bahwa cara memperbaiki laptop yang mati total biasanya akan disesuaikan dengan tanda-tandanya ataupun penyebabnya. Untuk mempermudah Anda memperbaikinya, perhatikan penjelasannya di bawah.

Memperhatikan baterainya

Cara pertama bisa Anda lakukan adalah dengan memperhatikan baterai laptopnya. Dalam hal ini, Anda bisa menekan tombol power. Lihat reaksi laptopnya. Apakah laptop Anda sama sekali tidak bisa merespon? Tidak ada tanda-tanda kehidupan sama sekali? Baik itu lampu indikatornya, suara kipas, atau bahkan suhunya yang sangat dingin. Untuk mengatasinya, Anda bisa melepaskan baterainya terlebih dahulu. Jika Anda mempunyai baterai cadangan, Anda bisa memasangnya ke laptop yang mati total tadi. Atau Anda juga bisa melepaskan baterainya saja.

Sehingga, tidak baterai yang terpasang pada laptop. Hal ini untuk memastikan dahulu apakah alat untuk mengisi baterainya berfungsi dengan baik atau tidak. Jika tidak bisa, maka Anda bisa memindahkan chargernya ke stop kontak yang lain. Biasanya, apabila permasalahan laptop mati totalnya terjadi karena alat pengisian dan baterai yang bermasalah, tentu dengan cara satu ini laptop Anda sudah kembali normal.

Power reset

Jika cara pertama gagal, Anda bisa mengatasinya dengan cara yang kedua, yaitu dengan power reset. Cara menghidupkan laptop yang mati total dengan power reset lumayan mudah. Caranya adalah dengan putuskan dulu laptop Anda dari segala sumber listrik. Yakni dengan melepaskan alat pengisian daya dan juga baterainya. Dengan kondisi yang kosong tersebut, Anda bisa menekan tombol power hingga kira-kira 30 detik agar listrik pada laptop tidak sungguhan habis. Lalu pasang lagi baterai dan alat pengisiannya, lalu nyalakan.

Baterai tanam

Di antara Anda, pasti ada yang menggunakan laptop dengan baterai tanam kan? Jadi, cara memperbaiki laptop yang mati total dengan tipe baterai tanam tentu berbeda dari laptop biasanya. Hal paling pertama yang meski Anda lakukan adalah mencari tombol restart-nya. Lalu balikkan laptop Anda. Lihat ada lubang kecil yang posisinya di tengah. Lubang tersebut adalah tempat merestart laptop yang mati total. Jika sudah, Anda bisa mencari jarum pentul ataupun benda lain yang bisa masuk ke dalamnya. Kermudian masukan alat tadi ke dalam lubang tersebut, dan tekan tombol kecil tersebut paling tidak 5 detik. Dan lakukan pengisian baterai, tunggu sampai beberapa menit, lalu coba hidupkan kembali.

Demikian beberapa cara menghidupkan laptop yang mati total. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *