Belajar Desain Grafis Pemula

Belajar Desain Grafis Pemula, Mudah Untuk Dipahami

Kian hari, semakin banyak anak muda yang sadar akan pentingnya pengetahuan desain grafis. Sayangnya, masih kurang banyak yang menyediakan tips belajar desain grafis pemula. Namun tenang saja, karena kali ini, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut.

Tips belajar desain grafis pemula

Sebelum masuk ke tips apa saja yang meski Anda lakukan, ada baiknya ketahui dahulu manfaatnya. Nah sebenarnya, ada banyak sekali manfaat mempelajari desain grafis. Terutama di zaman yang serba digital ini.

Karena selain bisa Anda jadikan sebagai jalan mencari pekerjaan, skill desain grafis juga memudahkan Anda dalam membuat konten sendiri, kemudian membagikannya ke media social. Hal ini tentu akan bermanfaat untuk orang lain.

Terlebih lagi jika konten Anda berisi pesan-pesan kebaikan. Bayangkan saja, jika konten kebaikan tersebut dibaca banyak orang, kemudian banyak yang tersentuh, lalu menerapkannya dalam kehidupan.

     BACA JUGA : Sejarah Desain Grafis Yang Perlu Kita Ketahui

Berapa banyak pahala yang Anda dapat? Ini adalah salah satu manfaat atau keuntungan memiliki skill desain grafis yang tidak terlihat.

Untuk saat ini, memang sudah banyak lembaga-lembaga kursus desain grafis. Hanya saja, ini tentu menjadi kendala bagi Anda yang memiliki budget terbatas kan? Maka, ikuti saja cara belajar desain grafis pemula yang kami bagikan.

1.    Pelajari prinsip-prinsip desain grafis

Tips belajar desain grafis pemula yang paling dasar adalah mengetahui dan memahami dengan baik prinsip-prinsip desain grafis. Adapun kegunaannya adalah untuk menghasilkan karya yang baik. 

Mudah dimengerti banyak orang, simple, elegan, dan yang terpenting adalah membuat semua orang betah berlama-lama melihat karya Anda.

2.    Memahami vektor dengan bitmap

Tips yang kedua adalah mengetahui apa itu vector dan apa itu bitmap. Jadi, keduanya adalah komponen yang sangat utama, dan meski Anda ketahui. 

Vektor adalah komponen yang sangat cocok untuk membuat logo. Anda bisa menggunakan aplikasi Adobe Illustrator dengan CorelDraw, atau yang lainnya. 

Sementara bitmap sendiri kerap digunakan untuk mendesain foto atau gambar. Aplikasi yang sangat cocok untuk Anda pilih adalah Photoshop. Kedua komponen tersebut mempunyai perbedaan.

     BACA JUGA : 5 Contoh Desain Grafis Sederhana Yang Bisa Kamu Pelajari

Jika vektor, hasil desainnya normal. Yang mana, saat Anda perbesar desainnya, maka hasilnya tidak akan pecah sama sekali. 

Sementara bitmap kebalikannya. Dengan pengetahuan komponen tersebut akan membuat Anda bisa menjadi desainer yang profesional dan berkualitas. Karena ini sangat diperlukan.

3.      Mempelajari aplikasi desain grafis

Tips belajar desain grafis pemula yang selanjutnya adalah mempelajari aplikasi desain grafis. Untuk saat ini,sudah banyak sekali aplikasi-aplikasi desain grafis yang bisa digunakan.

 Informasi mengenai penggunaan aplikasi-aplikasi desain grafisnya juga sudah banyak. Anda bisa belajar otodidak. 

Baik dari Google maupun Youtube. Carilah situs-situs yang memberikan informasi tentang aplikasi desain grafis, kemudian Anda bisa mendownload aplikasi yang ingin digunakan. Lalu praktekkan. 

Jika bingung hendak menggunakan aplikasi apa, kami rekomendasikan menggunakan aplikasi yang memang banyak digunakan aja ya. Misal. CorelDraw, Adobe Illustrator, Photoshop, dan lain sebagainya.

     BACA JUGA : 5 Prinsip-Prinsip Desain Grafis Yang Perlu Kamu Tahu

4.      Pelajari perpaduan warna

Dan yang tidak kalah pentingnya adalah mempelajari perpaduan warna. Memang, tips desain grafis pemula satu ini terlihat sangat mudah dan sederhana.

Namun begitu mencobanya, di sanalah Anda akan menemukan kesulitan. Karen mengkombinasikan antara warna yang satu dengan yang lain bukanlah perkara mudah. 

Sehingga, Anda meski terus berlatih dan banyak belajar. Jika sudah terbiasa, cara satu ini akan terasa lebih mudah kok. Tidak perlu khawatir ya.

Demikian Tips belajar desain grafis pemula. Semoga bermanfaat.