5 CONTOH DESAIN GRAFIS SEDERHANA YANG BISA KAMU PELAJARI

5 Contoh Desain Grafis Sederhana Yang Bisa Kamu Pelajari

Belakang, semakin banyak masyarakat yang mencari tahu 5 contoh desain grafis. Terutama kalangan anak muda. Hal ini karena peluang kerja menjadi desainer terus terbuka lebar.

Bahkan, perusahaan-perusahaan besar mulai mencari talenta-talenta muda. Dalam mempelajari desain grafis, ada banyak hal yang meski Anda pelajari.

Mulai dari prinsip-prinsip desain grafisnya, jenis-jenis, sampai ke 5 contoh desain grafis. Bagi Anda yang hendak memulai karir di bidang desain grafis, simak beberapa penjelasan berikut.

Pengertian desain grafis

Sebelum membahas seputar 5 contoh desain grafis, Anda meski tahu dulu apa itu desain grafis. Karena ini akan menjadi modal awal Anda. Desain grafis kerap disebut sebagai desain komunikasi visual.

Sebuah karya seni sekaligus praktek dari perencanaan, pengalaman, dan gagasan yang dituangkan ke dalam sebuah konten tekstual dan visual. Desain grafis sendiri dapat Anda kerjakan secara individu atau tim, baik dari skala besar atau kecil.

Menariknya, dalam desain grafis, tulisan juga mendapat sebutan gambar loh. Dalam membuat desain grafis, Anda meski mengenal prinsip-prinsipnya. Karena dengan mengenal dan menerapkan prinsip-prinsip tersebut, karya

Anda akan menjadi lebih menarik, dan membuat semua audience betah. Adapun prinsip-prinsip tersebut adalah keseimbangan, kedekatan, alignment, repetition, contrast, warna , ruang negative, kesederhanaan, proporsional, dan lain sebagainya.

     BACA JUGA : Biaya Kursus Desain Grafis Online

5 Contoh desain grafis

Kira-kira, apa saja 5 contoh desain grafis? Perhatikan penjelasannya berikut.

1.        Periklanan atau pemasaran

Jenis atau contoh desain grafis satu ini menjadi salah satu contoh desain grafis yang paling sering kita temukan.

Karena setiap harinya, akan selalu ada kegiatan pemasaran. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian masyarakat, dan ramai masyarakat yang membeli.

Adapun contoh dari desain grafis periklanan ini adalah brosur, poster, banner, iklan majalah, Koran, spanduk cetak, katalog, dan lain sebagainya.

Yang mana, dalam proses pembuatannya, meski dilakukan survey terlebih dahulu. Hal ini agar iklan tersebut bisa mencapai target pasar yang diinginkan.

2.       Identitas visual

5 Contoh desain grafis yang berikutnya adalah identitas visual.  Identitas visual merupakan sistem komunikasi visual yang bisa mengkomunikasikan identitas merek, produk, atau lembaga.

Dan biasanya, akan dipakai ketika akan memberikan perbedaan antara satu jasa atau produk dengan yang lainnya.

Adapun contohnya adalah Nike vs Adidas. Tentu, contoh desain grafis satu ini tergolong tingkat tinggi. Sehingga,  butuh pembelajaran yang matang untuk membuatnya.

     BACA JUGA : Sejarah Desain Grafis Indonesia dari Tahun ke Tahun (lengkap!)

3.       User interface.

User interface atau desain antar muka merupakan bagaimana para pengguna mampu berinteraksi di sebuah perangkat.

Untuk desainnya mulai dari menu navigasi, tombol, desain aplikasi, formulir, tema website, tata letak, dan lain sebagainya.

4.       Publikasi desain

Adapun contoh yang selanjutnya adalah publikasi desain.Publikasi desain ini lebih kepada industri media cetak. Seperti catalog, Koran, hingga majalah.

     BACA JUGA : 5 Prinsip-Prinsip Desain Grafis Yang Perlu Kamu Tahu

5.        Motion graphic

Contoh yang berikutnya adalah motion graphic. Motion graphic bisa kita artikan sebagai cabang desain grafik. Yakni menggabungkan antara ilustrasi, tipografi, fotografi, dan juga videografi.

Contoh satu ini kerap dibuat dengan menggunakan aplikasi berupa adobe after effect, atau yang lainnya.

Cakupannya adalah video, tipografi, audio, dan lain sebagainya yang dipakai pada media Youtube, film, tv, dan lain sebagainya. Beberapa tahun terakhir, popularitas motion graphic tengah marak di Indonesia.

Masing-masing contoh desain grafis di atas mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Sehingga, Anda bisa memilih satu atau dua desain yang ingin dikuasai. Demikian 5 contoh desain grafis yang mesti Anda tahu. Semoga bermanfaat.