Kelebihan Investasi Emas Antam

Kelebihan Investasi Emas Antam, Instrumen Investasi yang Menjanjikan

Sekarang ini, emas telah masuk dalam instrumen investasi forex trading. Tapi bukan berarti Anda tidak bisa menjadikannya sebagai investasi jangka panjang. Asalkan Anda tahu bagaimana cara mengelolanya secara baik dan memahami kelebihan investasi emas Antam, investasi emas Antam dapat menjadi pengaman untuk bisnis Anda.

Sejarah Emas Antam di Indonesia

Pada tahun 1930, seorang pria bernama RT Braakensiek mendirikan logam mulia Antam. Saat itu RT belum memiliki lokasi yang menetap untuk dapat menjalankan produk emasnya tersebut dan menjadikannya sering berpindah lokasi.

Akhirnya, RT menemukan lokasi di jalan Gajah Mada No. 84 di Jakarta Pusat dan memutuskan untuk menetap disana. Hasil tambang yang didapat dari Bengkulu dan Cikotok diolahnya untuk menghasilkan emas murni.

Pada 1949, perusahaannya memiliki legalitas dan bernama NV Essaieur en Affinage Bedrijf v/h RT Braakensiek. Setelah beberapa tahun, namanya diubah menjadi PT Logam Mulia Ltd dan diambil alih oleh Bank Industri Negara.

Nama perusahaan kemudian terus mengalami pergantian sampai PT Logam Mulia menjadi PT di bawah unit produksi PT Antam (Aneka Tambang). Pada 1979, kemudian Antam memiliki kantor tetap di Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Kelebihan Investasi Emas Antam dibandingkan Emas Perhiasan

Banyak orang memilih emas Antam karena kualitasnya yang terjamin. Emas Antam memiliki ciri-ciri khusus yang membuatnya sulit untuk dipalsukan. Setiap emas Antam memiliki sertifikat yang memuat informasi tentang dimensi emas, kadar kemurnian, berat, dan juga nomor seri emas.

Agar terhindar dari penipuan, belilah emas Antam di tempat-tempat yang memang secara resmi adalah distributor PT. Antam. Dalam berinvestasi emas Antam, dibutuhkan beberapa strategi dan trik agar keuntungan yang didapat bisa maksimal.

Emas Antam adalah instrumen investasi yang lebih tepat digunakan untuk jangka panjang. Dengan investasi emas Antam, likuiditasnya lebih baik dari instrumen investasi yang lain  misalnya seperti properti yang membutuhkan waktu lama untuk penjualannya.

Emas dapat disetarakan dengan dana tunai dan terhindar dari inflasi. Investasi emas dapat dimaksimalkan penggunaannya untuk kebutuhan mendesak atau dana darurat lainnya. Saat Anda membutuhkan dana mendadak, emas dapat setara dengan cash dan jika dicairkan bunganya pasti murah.

Saat mata uang sedang tidak terkendali, emas bisa dijadikan alat tukar. Sekarang ini, banyak orang memilih menabung emas untuk dijadikan alat tukar saat terjadi krisis. Bahkan negara Jepang dan China banyak yang menabung emas untuk menopang ekonomi negaranya saat terjadi krisis.

Fluktuasi emas tidak ekstrem seperti mata uang kripto atau saham. Jika Anda ingin aset yang dimiliki aman, investasi emas adalah pilihan yang tepat. Namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua portfolio investasi ditaruh di investasi emas. Dengan mengetahui kelebihan investasi emas Antam, Anda dapat mulai berinvestasi dan mendapat keuntungan maksimal.