Cara Bikin Domain Gratis Tanpa Ribet

Cara Bikin Domain Gratis Tanpa Ribet

Bagi seorang blogger pemula, membuat domain gratis merupakan pilihan yang paling tepat. Terutama jika Anda masih berstatus sebagai seorang pelajar atau mahasiswa. Lantas, bagaimana cara bikin domain gratis?

Tentu, bagi yang benar-benar newbie, Anda masih bingung caranya. Namun tenang saja, karena kali ini, kami akan membahas seputar cara membuat domain gratis.

Adapun untuk membuatnya, kita akan menggunakan situs Freenom. Pernah mendengar situs satu ini? Jika belum, simak penjelasannya berkut.

Cara bikin domain gratis

Cara bikin domain gratis dari Freenom ini tergolong sangat mudah. Karena Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah-langkah sederhana saja.

1.      Pertama, siapkan dahulu nama domain yang kiranya akan Anda buat. Usahakan untuk membuat nama yang mudah dan jelas. Agar bisa diingat oleh banyak orang.

2.      Kemudian, buka aplikasi pencarian. Klik alamat www.freenom.com pada bagian kolom pencarian.

3.      Pada halaman utamanya, Anda bisa memasukkan nama yang akan dijadikan sebagai domain. Jika sudah, klik check availability. Misal, Anda bisa membuat nama Mukhlis. Dengan .tk domain.

4.      Lalu, akan terlihat beberapa pilihan nama domain. Ada yang .tak, kemudian .ga, .qg, dan terakhir ada .cf.

5.      Lalu, tinggal klik get it now tepat pada domain yang ingin Anda inginkan.

6.      Klik checkout.

7.      Pada halaman shopping card,nya, silahkan pilih yang 12 month @ free.

8.      Klik continue.

9.      Kemudian, buka email Anda. Lihat bagian pesan masuk yang berasal dari Freenom.

10.  Klik pesan, dan klik link untuk verifikasi.

11.  Terakhir, Anda bisa mengisi data yang dibutuhkan.

12.  Klik complete order.

Apabila prosesnya berhasil, maka Anda akan ada di halaman clientnya Freenom. Dan pada halaman inilah Anda bisa mengatur domain yang sudah terdaftar tadi.

     BACA JUGA : Situs Beli Domain Gratis 2021

Cara menghubungkan domain dengan hosting

Sebelum menghubungkan antara domain gratis tadi ke hosting yang Anda gunakan, tentu Anda meski mempunyai hostingnya terlebih dahulu.

Kalau belum punya bagaimana? Tenang saja, Anda bisa membuatnya dahulu, baik yang menggunakan hosting berbayar atau gratisan. Ingin yang gratisan?

Anda bisa menggunakan nameserver hosting dari idhostinger dengan 000webhost. Yang nantinya akan kita coba hubungkan.

Nameserver idhosting ns3.idhosting.com, ns2.idhosting.com, ns1.idhosting.com . Nameserver ooowebhost, NS01.000WEBHOST.COM.

Sementara untuk menghubungkannya, Anda bisa masuk ke domain client, klik bagian service, pilih my domains, klik manager domain. tinggal isi saja kolom yang ada menggunakan nameserver hosting gratis tadi.

Apabila sudah, klik change nameserver. Kemudian, kunjungi domain yang tadinya telah Anda buat. Apabila telah terhubung, maka Anda sudah dapat mengaksesnya. Namun jika belum, tunggu saja.

Jika, kalau sudah bisa, Anda dapat menginstall cms atau content management system. Baik itu Joomla, WordPress, atau yang lainnya.

     BACA JUGA : Beli Domain ID Gratis Hosting di RumahWeb

Kelebihan buat domain di Freenom

Di tengah banyaknya situs penyedia domain gratis, mengapa harus menggunakan Freenom? Mungkin ada yang bertanya demikian. Sebagaimana telah dijelaskan di atas, bahwa cara bikin domain gratis di Freenom sangatlah mudah.

Hanya dengan beberapa langkah saja, Anda sudah berhasil mendapatkan domain. Gratis lagi.  Selain itu, prosesnya juga sangat sederhana, dengan tampilan situs yang friendly.

Sehingag,a akan mempermudah Anda ketika akan membuat domainnya. Anti bingung-bingunglah. Dan inilah yang menjadikan Freenom terus menjadi pilihan banyak orang. Terlebih lagi bagi yang masih sekolah.

Nah, itulah dia cara bikin domain gratis yang meski Anda coba. Jangan lupa juga untuk menghubungkan domainnya ke hosting agar bisa digunakan.

     BACA JUGA : Cara Mendapatkan Domain Gratis Selamanya