Solusi Laptop mati total

Solusi Laptop Mati Total Yang Gampang

Salah satu permasalahan laptop yang sering terjadi adalah mati total. Dan bentuk kondisi ini cukup beragam. Misal, ada laptop mati total padahal lampu powernya masih hidup. Ada laptop mati total padahal lampu indikatornya masih berkedip. Ada Laptop mati total tapi lampu indikatornya berkedip-kedipm, bahka ada yang mati total dengan layar yang berwarna hitam. Kondisi ini biasanya akan terjadi secara tiba-tiba. Di mana Ketika Anda mencoba menekan tombol power, tetap saja tidak akan berpengaruh apa pun. Jika sudah begini, tentu Anda membutuhkan solusi Laptop mati total.  Terlebih lagi ketika Anda benar-benar membutuhkan laptop saat itu. Karena deadline sedang menanti.

Solusi Laptop mati total

Sebelum membahas solusi Laptop mati total, Anda perlu tahu dahulu, bahwa kondisi laptop yang tiba-tiba mati total ini biasanya terbagi menjadi dua. Pertama adalah mati total yang tidak ada tanda-tanda kehidupan sama sekali. Seperti kipasnya yang tidak bersuara, lampu indikatornya mati, suhu laptopnya dingin. Sementara yang kedua adalah sebaliknya. Kedua lampu indikatornya menyala dan berkedip, Laptopnya hidup tapi layarnya nge-blank, suhunya aman seperti saat digunakan biasanya, bahkan terdapat suara kipas berhembus.

Karena terdapat dua kondisi, maka solusi Laptop mati total yang harus Anda lakukan juga sudah pasti berbeda.

Melepaskan baterai

Sebelum Anda membawa laptop yang mati total ke counter, lebih baik jika Anda mengatasinya sendiri terlebih dahulu. Jadi, laptop bisa kita ibaratkan sebagai sebuah ponsel, yang ketika terdapat masalah maka cara paling ampuh untuk mengatasinya adalah dengan melepaskan baterainya.  Kemudian memasangnya kembali, dan dan menghidupkannya.

Hanya saja, cara memperbaiki laptop tidak akan sesederhana memperbaiki ponsel meskipun sama-sama berkaitan dengan baterai, sebab sudah ada laptop yang baterainya tanam. Dan untuk mengatasinya, Anda perlu tahu penyebab mengapa laptop Anda bisa tiba-tiba mati. Solusi Laptop mati total satu ini sangat pas apabila laptop Anda mati total dikarenakan sumber daya listriknya. Misal, baterainya yang rusak ataupun habis, chargernya yang error, dan lain sebagainya.

Maka, solusinya adalah dengan memastikan bahwa baterai dan juga charger laptop Anda sudah terpasang dengan sempurna.  Caranya mudah. Anda bisa mencoba menggunakan baterai lain, atau jika memang baterainya tidak ada Anda bisa melepaskan baterainya. Kemudian hidupkan saja laptop tersebut tanpa menggunakan baterai.

Hal ini guna mengetahui apakah chargernya masih bagus atau tidak. jika masih gagal maka kamu bisa memindahkan chargernya ke stop kontak yang lain.

Power reset

Solusi laptop mati total berikutnya adalah dengan power reset. Yang mana, cara ini bisa Anda tempuh jika cara pertama masih gagal. Caranya sederhana. Pertama, coba lepaskan charger dan juga baterainya dari laptop. Kemudian tekan tombol power selama 30 detik, pasang baterai dan charger nya kembali. Terakhi, nyalakan laptopnya.

Mencari tombol restart

Jika laptop Anda menggunakan baterai tanam, maka solusi yang bisa Anda coba adalah dengan membalikkan laptopnya terlebih dahulu. Kemudian cari lubang kecil yang ada di tengah. Lalu cari jarum pentul, dan masukan jarum tadi ke dalam lubang tadi. Tekan tombol yang ada di dalamnya selama paling tidak 5 detik. Kemudian charger kembali laptop Anda, dan tunggu hingga beberapa menit.  Lalu hidupkan kembali.

Itulah beberapa solusi laptop mati total yang bisa Anda coba sendiri. Jika beberapa cara di atas gagal, barulah bisa Anda bawa ke counter. Semoga bermanfaat.