Laptop Lenovo Mati Total

Laptop Lenovo Mati Total, Berikut Cara Mengatasinya

Apakah saat ini laptop Lenovo yang Anda banggakan tengah mati total? Dan sudah tidak bisa lagi dihidupkan? Tenang saja, kondisi ini masih bisa Anda atasi kok. Yang penting, berhenti untuk panik berlebihan. Memang, kondisi laptop Lenovo mati total ini akan menghambat banyak pekerjaan Anda. Namun, jangan terburu-buru untuk membawanya ke tempat service laptop. Karena Anda bisa mencoba mengatasinya sendiri di rumah. Akan tetapi, sebelum benar-benar mencoba memperbaikinya, Anda meski tahu dhulu apa sebenarnya yang menjadi penyebab laptop Anda bisa mati total. Karena dengan mengetahui penyebabnya, sudah pasti akan sangat membantu Anda ketika akan memperbaikinya.

Cara Memperbaiki Laptop Lenovo Mati Total

Hal paling sederhana yang meski Anda pahami adalah, kondisi laptop yang mati total bisa saja diakibatkan oleh beberapa hal. Bahkan, penyebabnya terbilang sangat beragam. Selain itu, laptop yang mati total juga mempunyai gejala yang berbeda-beda. Ada yang lampu powernya hidup, ada pula yang mati. Dan kondisi ini tetap tidak akan membuat laptop Lenvo Anda kembali normal meski sudah Anda tekan tombol power plus menyambungkannya dengan charger. Menariknya, masing-masing gejala yang Anda temukan meski membutuhkan penanganan yang sudah pasti berbeda. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda coba.

Mengecek Sumber Daya

Salah satu permasalahan laptop mati total yang pertama adalah karena sumber dayanya. Dalam hal ini, Anda bisa melakukan pengecekan terhadap sumber daya laptop Anda. Caranya adalah dengan memastikan terlebih dahulu, bahwa charger, baterai, dan colokan yang terdapat pada rumah Anda aman, alias tidak bermasalah. Jika sudah, Anda bisa menyalakannya dengan menggunakan charger saja. Jika tetap tidak nyala, Anda bisa mengikuti cara berikut.

Pertama, lepaskan seluruh sumber daya pada laptop Anda, seperti baterai dan chargernya. Bagi Anda yang menggunakan Lenovo baterai tanam, Anda bisa mencari tombol reset kecil yang terletak pada bagian bawah belakang laptop Anda. Tekan tombol tadi hingga 5 detik menggunakan jarum pentol atau yang lainnya.

Kemudian, bagi yang baterainya tidak tanam, Anda bisa menekan dan menahan tombol powernya hingga 30 detik. Atau, Anda juga bisa menekan tombol power tadi sebanyak 10 kali selaa sekitar  detik. Hal ini bertujuan agar mendapatkan kepastian, bahwa tidak terdapat daya di dalam kapasitor laptop Anda hingga akan direset.  Lalu, silahkan pasang kembali baterai dan juga charger laptop. Kemudian nyalakan kembali.

Melakukan pengecekan Baterai CMOS

Apabila Anda sudah melakukan cara yang pertam, namun tetap tidak berhasil, maka Anda bisa mencari obeng agar bisa mengakses bagian-bagian dalam laptop Anda. Tenang saja, karena Anda tidak akan melakukan banyak hal. Yang akan Anda lakukan hanya berurusan dengan baterai CMOS nya saja. Yang bisa saja menjadi solusi dalam menghidupkan laptop Anda. Pengecekan baterai CMOS ini mempunyai tujuan yang jelas. Yakni untuk memastikan, bahwa memang tidak terjadi atau tidak terdapat masalah pada sistem sampai ke awal BIOS.

Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan melepaskan semua sumber daya dari laptop Anda, lalu buka bagian bawahnya. Kemudian lihatlah baterai koin yang dibungkus dan mempunyai kabel pada bagian ujungnya. Anda bisa melepaskan sambungan baterai CMOS nya dari motherboard hingga 15 detik saja. Dan pasang kembali. Kemudian, Anda bisa memasang baterai dan charger lagi. Terakhir, coba hidupkan laprop Anda.

Itulah dia beberapa cara mengatasi laptop Lenovo mati total yang bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat.