Investasi yang Menguntungkan

Investasi Yang Menguntungkan Untuk Jangka Panjang

Memiliki investasi yang menguntungkan untuk jangka panjang, sangat penting untuk mengamankan kondisi keuangan masa depan. Selain itu juga untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang, seperti biaya pernikahan, dana pendidikan, dan persiapan pensiun. Durasi investasi jangka panjang biasanya lebih dari satu tahun bahkan puluhan tahun.

Manfaat investasi jangka panjang tidak dapat anda peroleh dalam waktu yang cepat. Namun, keuntungannya cenderung lebih stabil dan risikonya jauh lebih rendah dari pada investasi jangka pendek. Berikut ini jenis pilihan investasi jangka panjang yang dapat anda lakukan.

Saham

Berdasarkan KBBI, saham merupakan bukti pemilikan modal perseroan terbatas yang memberikan hak atas deviden sesuai dengan besarnya modal. Dengan membeli saham bursa, investor mendapatkan persentase kepemilikan perusahaan yang menjual sahamnya.

Investor mendapatkan return berupa kenaikan harga saham ketika kinerja perusahaan baik. Saham juga memiliki risiko yang sangat tinggi. Harga saham bisa naik turun secara drastis dalam waktu singkat, namun investasi jenis ini juga adalah salah satu jenis Investasi yang Menguntungkan

Reksa dana

Reksa dana satu jenis Investasi yang Menguntungkan karena merupakan tempat menghimpun dana dari masyarakat pemodal. Ada beberapa jenis reksa dana dengan tingkat risikonya masing-masing. Perencana keuangan merekomendasikan untuk berinvestasi dalam dana ekuitas jika ingin memenuhi kebutuhan keuangan jangka panjang.

Berinvestasi dalam reksa dana ekuitas mirip dengan membeli saham secara langsung. Bedanya, pemilihan saham dari manajer investasi. Risiko membeli saham secara langsung juga lebih besar karena membutuhkan kelihaian investor dalam menganalisis pergerakan saham.

Asuransi

Asuransi berguna untuk meminimalkan kerugian finansial jika terjadi risiko pada kemudian hari. Misalnya, suatu saat anda atau keluarga anda jatuh sakit dan memerlukan pengobatan khusus yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, maka asuransi kesehatan akan dapat membantu menekan biaya pengobatan.

Begitu juga jika anda memiliki asuransi pendidikan, dapat anda gunakan untuk menyiapkan dana pendidikan anak yang setiap tahun meningkat.

Properti

Investasi properti, baik tanah maupun bangunan, bisa menjadi pilihan investasi yang menguntungkan untuk jangka panjang. Harta benda yang merupakan salah satu kebutuhan pokok akan selalu anda butuhkan dan banyak orang cari, sedangkan ketersediaannya semakin terbatas.

Oleh karena itu, tidak heran jika nilainya akan cenderung meningkat dari waktu ke waktu. Selain mendapatkan capital gain atau kenaikan harga pada masa yang akan datang. Keuntungan lain dari investasi properti adalah memperoleh pendapatan sewa dengan memiliki beberapa rumah kontrakan atau kos-kosan.

Hal ini bisa menjadi sumber penghasilan saat memasuki usia pensiun. Namun sayangnya, modal yang anda butuhkan sangat besar untuk memulai investasi ini. Dari sisi lain, investasi properti tidak likuid. Artinya, tidak mudah mengucurkan dana jika investor membutuhkan dana cepat.

Emas

Emas merupakan barang investasi yang populer dan populer bagi para investor, karena merupakan safe haven. Nilai emas dapat bertahan bahkan meningkat ketika kondisi pasar mengalami guncangan atau ketika aset investasi lainnya menurun.

Dalam jangka pendek harga emas bisa sangat fluktuatif dan sangat fluktuatif. Namun dalam jangka panjang, nilainya cenderung meningkat. Berdasarkan informasi, harga emas antam pada 2011 berada pada level Rp. 401.000 per gram. Sementara itu, pada tahun 2019 lalu, harga emas antam sempat menembus Rp. 766.500 per gram.

Jadi, emas cocok sebagai investasi jangka panjang. Keunggulan lain emas memiliki likuiditas yang tinggi sehingga dapat anda jual dengan cepat. Sekian ulasan tentang jenis investasi yang menguntungkan untuk jangka panjang yang bisa anda lakukan, semoga bermanfaat.