cara mengatasi laptop cepat panas

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

Apakah Anda pernah mendengar istilah over heat? Sebagai pengguna laptop, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah ini ya. Jadi, apa sebenarnya over heat itu? Nah, over heat merupakan kondisi di mana laptop Anda mengalami panas yang berlebihan. Kondisi ini cukup sering terjadi. Jika sudah demikian, maka Anda meski segera mengatasinya, karena jika Anda membiarkan kasus ini berlarut-larut tentu akan membuat performa laptop Anda menurun. Bahkan bisa membuat laptop Andi tidak tahan lama. Lantas, bagaimana cara mengatasi laptop cepat panas ini? Anda meski melakukan beberapa cara agar laptop Anda tidak over heat lagi.

Cara mengatasi laptop cepat panas

Salah satu tanda bahwa laptop Anda panas adalah ketika putaran kipasnya menjadi lebih kencang dari biasanya. Hal ini karena memang, kipas laptop didesain atau dibuat kencang otomatis jika ada kenaikan suhu pada prosesornya. Tentu berbeda halnya ketika laptop dalam kondisi normal. Di mana, putaran kipasnya pasti tidak akan secepat ketika proses prosesornya panas. Bahkan, ada pula beberapa laptop yang akan langsung ‘shutdown’ otomatis tatkala laptop over heat.

Shutdown ini bertujuan untuk menghindari terjadinya kerusakan komponen yang ada pada laptop Anda. Berikut adalah beberapa cara mengatasi laptop cepat panas yang bisa Anda coba.

Membersihkan filter udara dan heat sink

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi laptop cepat panas adalah dengan membersihkan udara dan bagian heat sinknya. Anda bisa Mencoba memperhatikan bagian dalam laptop, pastikan dahulu bahwa bagian dalamnya tidak begitu Kotor. Kalau memang sangat kotor, maka Anda perlu membersihkannya. Ketika membersihkan bagian heat sinknya, Anda meski menambahkan balik ternal pastenya. Meskipun sebenarnya, ada yang hanya menggunakan pasta gigi saja. Sayangnya, ternal paste yang digantikan dengan pasta gigi ini sifatnya tidak tahan lama, sehingga akan lebih baik jika Anda membelinya di konter KOmputer.  Tenang, harga ternal paste untuk mengatasi laptop cepat panas ini murah kok. Hal ini karena ternal paste mampu menghantarkan pasan ke heat sinknya..

Memperhatikan sirkulasi udara

Cara mengatasi laptop cepat panas yang berikutnya adalah dengan menambahkan kipas eksternal. Dalam hal ini, Anda bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan kekuatan atau daya dari usb. Selain itu, untuk menjaga agar sirkulasi udara tetap baik, Anda meski memperhatikan posisi atau letak dari laptopnya. Nah, karena sirkulasi udara pada laptop terletak pada sisi bagian bawah, maka pastikan bahwa Anda meletakkannya ke tempat yang tepat. Hal ini agar sirkulasi udaranya lancar dan bisa berjalan dengan sempurna. Dan yang pasti bisa mengatasi laptop Anda yang cepat panas.Cobalah untuk tidak meletakkan laptop ke atas kasur atau bantal. Karena kedua benda tersebut dapat membuat sirkulasi udara terganggu.

Kurangi aplikasi terbuka

Yang terakhir adalah dengan mengurangi aplikasi terbuka. Sumber panas yang dihasilkan oleh laptop berasal dari prosesor. Maka, ketika Anda membuka banyak aplikasi pada yang sama atau bersamaan. Tentu akan membuat prosesornya bekerja lebih keras. Jadi, bukalah aplikasi yang memang Anda gunakan. Dan tutup semua aplikasi yang tidak Anda gunakan. Karena selain membuat laptop cepat panas, hal ini juga akan membuat laptop mengkonsumsi listrik lebih banyak.Demikian beberapa cara mengatasi laptop cepat panas yang bisa Anda coba dari sekarang. Mulailah dari yang paling sederhana. Yakni dengan tidak menggunakannya di atas kasur atau bantal. Semoga bermanfaat.