Domain Web Gratis

Mengenal Domain Web Gratis 2021 Yang Bisa Kamu Dapatkan

Mengenal Domain Web Gratis 2021. Istilah Domain merupakan sesuatu yang penting dalam dunia web. Jika anda adalah orang yang sudah mahir, mungkin anda sudah mengenal mengenai domain.

Namun, lain halnya apabila anda seorang pemula. Anda pasti merasa asing dengan nama domain. Domain adalah sebuah nama dari website anda. Agar lebih memahami mengenai domain web gratis. Anda dapat membaca ulasan berikut ini.

Apa fungsi Domain Web

Domain sebagai nama website memiliki fungsi untuk memudahkan pengunjung mencari atau mengunjungi web anda. Daripada sebuah nama, domain lebih cocok apabila anda sebut sebagai alamat web. Loh bukannya alamat web ada IP address?

BACA JUGA : Hosting Murah Gratis Domain 2021 Terbaik

Nah, jika IP ini membuat seseorang agak rumit dalam mengingatnya. Maka, domain web menjadi nama alamat yang akan memudahkan semua orang mengingatnya. Contoh dari nama domain adalah www.dramakorea.com. Nah sederetan alamat web tersebut merupakan wujud domain.

Domain sendiri memiliki akhiran yang beragam ada .com, .co.id, .org, dan lain-lain. Akhiran ini bernama ekstensi.

Domain Web Gratis

Layanan domain tidak serta merta anda dapatkan saat membuat sebuah website. Anda perlu membelinya dengan tarif tertentu. Banyak sekali penyedia domain yang menawarkan paket domain dengan harga yang beragam pula. Biasanya pembelian domain dapat anda akses pada penyedia layanan hosting.

Mereka memasang tarif domain mulai dari belasan ribu per bulan atau ratusan ribu pertahun. Jika website anda sudah menghasilkan income. Hal ini tidak akan menjadi masalah ya guys. Tetapi kalau website anda sama sekali baru berdiri atau anda pun masih mempelajari hal-hal didalamnya.

Maka mengeluarkan uang secara rutin untuk membeli domain rasanya menjadi hal yang rasanya agak rugi ya teman-teman. Karena sejatinya website berdiri untuk menghasilkan uang.

Oleh karena itu, domain web gratis menjadi pilihan beberapa pemula website. Penyebabnya, domain ini dapat anda gunakan tanpa mengeluarkan biaya. Jadi, anda dapat menghemat budget untuk hal lain selain domain. Domain gratis tersedia pada beberapa layanan penyedia.

Kekurangannya nama domain mungkin mereka yang tentukan ataupun ekstensinya yang terbatas. Untuk lebih jelas, berikut mengenai ekstensi domain web gratis.

BACA JUGA : Penyedia Domain dan Hosting Gratis Yang Bisa kamu Coba

Ekstensi Gratis

Ekstensi adalah bagian akhir domain. Biasanya ekstensi dapat anda pilih sesuai keinginan pada penyedia layanan produk domain.

Sementara pada domain web gratis, ekstensi biasanya sudah penyedia tentukan. Contohnya adalah sebagai berikut.

.c1 dan .biz

Ekstensi domain gratis pertama dapat anda dapatkan pada layanan biz.nf. Domain gratis dari biz.nf ini ada dua yaitu .c1 dan .biz.

Anda dapat menggunakan kedua ekstensi ini dengan melalukan sign up pada website layanan.

.tk domain

Kedua, domain dengan ekstensi .tk. Ekstensi ini sebenarnya merujuk pada negara asalnya yaitu Tokelau. Situs penyedia layanannya adalah dot.tk.

Domain ini termasuk kedalam jenis domain negara. Meskipun begitu, anda dapat menggunakannya secara gratis.

.cf

Ketiga adalah domain dengan ekstensi .cf. Anda dapat menggunakan domain ini untuk belajar atau mengenal dunia website.

Kabarnya domain dengan ekstensi .cf sangat terkenal oleh para pengguna blogger.

BACA JUGA : Hosting dan Domain Gratis Untuk Pemula

.gq

Terakhir, anda dapat menggunakan ekstensi .gq untuk membuat website pemula. Namun, tentunya domain ini tidak sekencang domain berbayar.

Mengenai domain gratisan ataupun berbayar, sebenarnya kedua hal ini memiliki fungsi yang sama. Perbedaannya terletak pada operasionalitas dari domain tersebut apabila digunakan.

Disamping itu, ekstensi ini tidak terlihat profesional. Pasalnya domain ini tidak semenarik ekstensi khusus yang dapat anda pilih. Seperti .com atau .co.id yang mengarah pada pasar Indonesia.