Cara Investasi Saham Jangka Panjang

Inilah Cara Investasi Saham Jangka Panjang Bagi Pemula

Benarkah anda ingin tahu cara investasi saham jangka panjang? lalu, strategi apa yang tepat untuk berinvestasi saham? Perlu anda ketahui saham merupakan instrumen investasi yang begitu agresif, namun tidak menutup kemungkinan ada celah untuh mulai investasi saham.

Sebab dalam saham ada beberapa tawaran dengan hasil yang maksimal. Seperti contoh indeks harga saham gabungan (IHSG), kenaikan begitu dratis sejak tahun 2002 mencapai 1344,55% terhitung selang 14 tahun dari mulanya 424,9% jadi 5713,4. Sehingga jika di hitung rata-rata pertahun bisa naik hinga 89%.

Itulah yang menjadi momok untuk seseorang ingin melakukan investasi berkepanjangan pada instrumen saham. Namun bagi investor pemula masih bingung dan belum tahu secara detail, startegi apa yang baik untuk di terapkan agar untung banyak.

Cara Investasi Saham Jangka Panjang Bagi Pemula

Berikut di bawah ini kita kupas tuntas cara investasi saham untuk jangka panjang.

  1. Value Investing

Adapun cara investasi saham jangka panjang nomor satu ialah Value Investing. Dimana cara ini anda melakukan pembelian saham berdasarkan perhitungan nilai yang wajar (intrinsik), dalam sebuah saham yang akan di perdagangkan di bursa efek.

Sehingga apabila harga saham jauh lebih rendah di bandingkan dengan nilai yang wajar, maka seorang value investor akan membeli saham itu. Jadi ibaratnya seperti, ketika anda beli pakaian musim dingin yang di obral saat musim panas.

Adapun di bawah ini kriteria saham yang layak untuk di perdagangkan oleh value investor :

  • Rasio perhutangan (DER) lebih kecil dari nilai 1.
  • Saham yang punya 10% dari rasio paling terkecil.
  • Rasio Dividend Yield tidak begitu wajib untuk minimal 5%.
  • Pertumbuhan keuntungan minimal 7% dalam 10 tahun terakhir.
  • Jumlah aset yang lancar minimal dua kali lebih banyak di bandingkan utang lancar.
  • Harga saham lebih rendah dari nilai 2/3 harga interistiknya.

Jadi anda bisa contoh seorang value investor bernama Warren Buffet. Beliau mencari beberapa saham yang kini sedang jatuh atau murah. Namun kunci dari keberhasilan beliau terletak pada kesabaran dalam cari saham perusahaan yang bagus, kemudian beli di waktu yang tepat.

Sehingga bisa di simpulkan, kita harus beli saham dengan harga yang relatif bagus (undervalued) pada perusahaan yang luar biasa. Dari pada membeli sebuah perusahaan biasa yang punya harga sangat tinggi.

  1. Growth Investing

Cara kedua ini bisa anda pakai juga dalam investasi saham jangka panjang yaitu Growth Investing. Cara ini lebih condong ke investasi saham dengan pertumbuhan laba begitu cepat. Jadi seorang investor cenderung memilih prospek dengan pertumbuhan laba paling bagus.

Sehingga apabila sebuah perusahaan itu secara konsisten mencatat setiap pertumbuhan laba, maka seorang growth investor akan beli saham di perusahaan tersebut.

Adapun kriteria perusahan menurut growth investing harus :

  • Punya pertumbuhan laba bersih secara cepat.
  • Memiliki pertumbuhan laba bersih lebih besar di bandingkan para pesaing.
  • Jika di lihat history (sejarah) pernah alami kenaikan dua kali lipat di jangka waktu yang relatif panjang.

Selain itu juga harus menilai pertumbuhan laba perusahaan dalam jangka minimal 5 tahun terakhir, yaitu :

  • Perusahaan kelas menengah minimal 7%.
  • Minimal 5% di perusahaan besar.
  • Perusahaan kelas kecil minimal pertumbuhan mencapai 12%.
  1. Income Investing

Sedangkan untuk cara investasi menurut jenis income investing, yaitu strategi yang bisa menghasilkan laba cashflow di bandingkan keuntungan capital gain.

Metode investasi ini paling cocok di gunakan oleh investor yang butuh uang secara berkala. Sebagai contoh seseorang pensiunan yang bisa hidup dari pembagian deviden. Adapun kriteria saham yang layak untuk di beli ialah :

  • Dividend Yield dengan persentase minimal 3%.
  • Harus rajin bagi deviden untuk jangka waktu 5 sampai 25 tahun terakhir.

Itulah di atas cara investasi saham jangka panjang yang paling di minati oleh investor pemula, agar mempunyai keuntungan berlimpah di masa mendatang.