Materi Desain Grafis Pemula

Materi Desain Grafis Pemula

Sampai saat ini, jasa para desainer sangat dibutuhkan oleh para pelaku bisnis dan industri. Jika Anda merasa tertarik untuk mendalaminya, berikut kami berikan materi desain grafis pemula untuk Anda.

Pengertian desain grafis

Materi desain grafis pemula yang pertama adalah pengertian desain grafis. Nah sebenarnya, apa sih desain grafis itu?

Tidak jarang loh, ada orang yang lumayan tahu seputar desain grafis, tapi bingung begitu ditanya pengertian desain grafis. Karena itulah, materi pertama yang wajib kita bahas adalah pengertian dari desain grafis itu sendiri.

Desain grafis sendiri merupakan proses kreatif dalam menghasilkan karya yang berbentuk visual. Bentuknya bisa berupa gambar, ilustrasi, tipografi, animasi, ataupun yang lainnya.

Prinsip-prinsip desain grafis

Ketika akan belajar desain grafis, Anda meski memahami prinsip-prinsip desain grafis. Karena dengan menerapkan prinsip-prinsip ini, maka hasil desain Anda akan menarik perhatian semua orang.

Bahkan, pesan yang hendak Anda sampaikan bisa diterima dengan baik oleh semua audiens. Adapun prinsip-prinsipnya adalah: Keseimbangan, proporsi, dan lain sebagainya. Kita hanya akan bahas ketiga prinsip tersebut secara global ya.

 

BACA JUGA : Prinsip-Prinsip Desain Grafis, Pemula Wajib Tahu

Keseimbangan

Apa itu keseimbangan dalam desain grafis? Sebagai desain grafis pemula, Anda pasti  masih bingung dengan keseimbangan ya.

Jadi, untuk mengukur keseimbangan sebuah desain, Anda meski melihat dan memastikan, semua unsur-unsur yang ada pada desain Anda menyatu dengan sempurna. Sehingga.

Dalam menerapkan keseimbangan, Anda meski menerapkan prinsip keseimbangan. Yakni keseimbangan asimetris, sederajat, simetris, dan juga radial. Jika Anda bisa menerapkan prinsip ini, maka dijamin deh, hasil desainnya bakalan sempurna dan sangat komunikatif.

Proporsi

Materi desain grafis pemula yang selanjutnya adalah bagian proporsi. Prinsip satu ini merupakan perbandingan, antara unsur yang satu dengan unsure yang lain. Atau, bagian yang satu dengan bagian yang lain.

Anda meski membandingkan setiap unsure. Karena dalam prinsipnya, harus ada satu unsur yang mesti Anda tonjolkan.

Yakni momen yang akan diangkat. Misalnya, ketika Anda akan membuat desain grafis untuk acara lomba, maka Anda meski menonjolkan event lomba tersebut dibandingkan info yang lainnya.

Pelajaran desain grafis

Materi desain grafis pemula yang tidak kalah pentingnya untuk Anda ketahui adalah pelajaran desain grafis.

Maksud dari pelajaran desain grafis adalah, materi atau pelajaran apa saja yang nantinya akan Anda pelajari ketika mempelajari desain grafis secara serius. Secara sederhana, terdapat 8 pelajaran desain grafis pemula. Dan kita hanya akan bahas beberapa saja ya.

BACA JUGA : Pelajaran Desain Grafis Bagi Pemula Yang Banyak Di Abaikan

Design Fundamental

Design fundamental merupakan material yang berisi dasar-dasar melakukan desain grafis. Seperti unsure-unsur apa saja yang bagus untuk Anda gunakan, elemen-elemen yang ada apa saja, hingga prinsip-prinsipnya.

Tipografi

Selanjutnya, Anda juga akan mempelajari tipografi, atau model huruf. Karena memang, pemilihan huruf untuk sebuah desain bukanlah hal yang mudah, terutama untuk pemula.

Fotografi

Selain mempelajari tipografi, Anda juga akan mendapatkan materi desain grafis pemula berupa fotografi. Yang mana, Anda akan belajar teknik-teknik mengambil gambar yang baik dan benar, sehingga mendapatkan hasil  yang maksimal.

Creative Drawing

Materi desain grafis yang satu ini bertujuan agar Anda bisa menggambar dengan baik dan benar, menarik, dan unik.

Di mana, hasil gambarana tersebut akan membuat semua orang tertarik untuk melihatnya. Pelajaran desain grafis pemula satu ini tentu akan menjadi pelajaran yang sangat menarik.

Nah, itulah dia beberapa materi desain grafis pemula yang bisa menjadi modal awal Anda untuk belajar. Semoga bermanfaat.