Komputer Tiba-tiba Mati dan Cara Mengatasinya

Komputer Tiba-tiba Mati dan Cara Mengatasinya

Salah satu hal yang menjengkelkan adalah saat Komputer Tiba-tiba Mati terlebih bagi kalian yang bergelut di dunia Internet salah satunya adalah Content Creator atau streamer. Dimana saat kita sedang membuat konten atau sedang asik streaming namun Komputer Tiba-tiba tidak mau hidup yang mengakibatkan hal yang sedang kita kerjakan akhirnya tertunda karena hal tersebut.

Pada jaman sekarang ini memiliki Laptop atau Komputer/Pc adalah salah satu kebutuhan, karena hampir aktifitas kebanyakan orang sudah berbau online terlebih disaat masa pandemi seperti sekarang ini yang mengaruskan kita harus berada dirumah/WFH.

Apalagi seperti kegiatan belajar mengajarpun harus dilakukan secara online dirumah guna untuk mematuhi peraturan pemerintah salah satunya untuk mencegah penularan Covid19.

Komputer Tiba-tiba Mati dan Tidak Bisa Hidup Lagi

Ada beberapa hal yang mengakibatkan komputer tiba-tiba mati tapi cpu masih hidup salah satunya adalah karena faktor usia dari komputer itu sendiri ataupun faktor kelalaian penggunanya karena kurangnya perawatan.

Hal yang paling mendasar salah satunya adalah membersihkan kipas processor yang mengakibatkan suhu processor itu sendiri panas dan mengakibatkan overheat dan akhirnya komputer tidak bisa hidup. Dan berikut adalah hal yang perlu kalian perhatikan saat Komputer Tidak bisa hidup :

Komputer Mati dan Nyala Sendiri

Salah satu hal yang menyebabkan Komputer Tiba-tiba Mati dan hidup kembali adalah karena kepanasan atau overheat. Karena processor itu sendiri dirancang untuk bisa mati sendiri ketika suhu melebihi kapasitas processor, hal tersebut dilakukan untuk mencegah kerusakan meluas terhadap hardware. Sedangkan overheat biasanya terjadi karena menumpuknya debu yang mengelilingi kipas processor yang mengakibatkan kipas tidak berfungsi dengan baik yang mengakibatkan overheat.

Pc Tiba-tiba Restart Sendiri

Hal ini biasanya terjadi karena beban si komputer sendiri terlalu berat sehingga menyebabkan komputer tiba-tiba restart sendiri yang akhirnya aktifitas kita akan sangat terganggu dan hal sedang kita kerjakan terpaksa harus kita tunda terlebih saat file yang sedang kita olah ternyata belum disimpan dan akhirnya harus mengulang dari awal lagi.

Komputer Mati Hidup Berulang Ulang

Jika saat pertama kali atau beberapa saat menyalakan komputer namun Komputer Tiba-tiba Mati sendiri hal yang pertama harus dilakukan adalah membongar kumputer lalu cabut Ram dan bersihkan dengan menggunakan penghapus dan slot ramnya bisa kalian bersihkan mengunakan kuas  dan pasang kembali ram tadi lalu coba nyalakan kembali komputernya. Jika hal diatas belum berhasil kalian bisa coba tips dibawah ini :

Cara Mengatasi Komputer Mati Sendiri

Power Supply Sudah Rusak

Power supplay adalah salah satu hardware yang sangat penting dimana setiap komponen yang adan didalam komputer membutuhkan arus listrik. Jika sampai sampai arus/tegangan atau kualitas PSU tersebut kurang bagus maka akan berakibat buruk bagi setiap komponen yang ada dikomputer kalian.

RAM Rusak

Ram juga merupakan hardware yang tidak kalah penting dimana proses pengolahan data salah satunya dilakukan oleh ram itu sendiri dan jika ram tersebut bermasalah atu bahkan rusak/mati di layar monitor akan mengalami bluescreen dan bila itu terjadi baiknya kalian ganti dengan Ram yang baru.

Virus

Virus/malware bisa jadi penyebab utama saat Komputer Tiba-tiba Mati sendiri, hal ini disebabkan karena virus yang berada di komputer kalian dapat menyerang dan menyebabkan kerusakan pada system komputer. Yang lebih parahnya lagi virus bisa mengambil alih seluruh data penting yang berada didalam komputer kalian.

Motherboard/Mainboard Bermasalah

Motherboard rusak biasanya terjadi karena adanya overheating seperti penjelasan diatas dan juga ada beberapa komponen yang rusak seperti IC yang terbakar karena korsletting dan juga karena Tegangan/arus yang tidak stabil yang mengakibatkan rusaknya Motherboard itu sendiri.

Demikianlah beberapa hal penyebab Komputer Tiba-tiba Mati sendiri yang bisa kalian jadikan rujukan untuk mengatasi hal tersebut. Namun jika kalian tidak berani untuk melakukannya sendiri kalian bisa membawanya ke tukang service komputer terdekat.